Sabtu, 16 Dec 2017
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Pelaksanaan UNBK MTs Terkendala Sarpras

Sabtu, 25 Nov 2017 08:27 | editor : Ali Mustofa

CEK KESIAPAN: Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mengecek kesiapan pelaksanaan UNBK di MTs Mualimin Rembang baru-baru ini.

CEK KESIAPAN: Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mengecek kesiapan pelaksanaan UNBK di MTs Mualimin Rembang baru-baru ini. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

 KOTA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang menelusuri kesiapan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dalam melaksanakan UNBK. Pekan lalu, kemenang telah menggelar pertemuan dewan pendidikan guna membahas kendala sarana prasarana.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Rembang Jazim menyebutkan, kelompok kerja MTs (KKM) telah menggelar rapat kesiapan UNBK. Utamanya, untuk pemetaan pelaksanaan UNBK bagi tiap-tiap sekolah apakah akan digelar mandiri atau bergabung dengan sekolah lain.

Menurutnya sesuai pendataan Kanwil Jawa Tengah berharap pelaksanaan UNBK bisa digelar di 70 persen MTs. Selebihnya, atau 30 persennya dapat menggunakan paper. Jazim menyebutkan dari 42 MTs yang ada. Tahun lalu baru 12 satuan pendidikan yang menerapkan UNBK. Jika mengacu himbauan dari Kanwil setidaknya tahun ini diharapkan ada 30 sekolah.

”Hasilnya masing-masing KKM semua menyengkuyung. Harapannya semua MTs dapat 100 persen mengikutinya (UNBK),” terangnya.

Namun, jika belum mencapai 100 persen, setidaknya dari 4.000-an siswa dan siswi harus terpenuhi sarana  komputer. Masalahnya memang bagi satuan pendidikan yang kecil tentu harus dicarikan solusi.

Selain MTs, himbauan serupa juga diterapkan untuk satuan pendidikan Madrasah Aliyah (MA). Kanwil tahun ini berharap dapat menggelar UNBK 100 persen.

“Di sini (Rembang) ada 19 MA. Dua sekolah MAN sudah otomatis melaksanakan UNBK mandiri. Sementara tahun ini yang dipacu UNBK yakni, Nahjatus Sholihin di Plawangan, Kragan, Nurul Huda di Kragan dan Mambaul Ulum di Sumber,” terangnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia