Rabu, 13 Dec 2017
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Bikin Berbagai Kerajinan Tangan Bidang Tekstil

Jumat, 24 Nov 2017 08:26 | editor : Ali Mustofa

Dheasari Rachdantia

Dheasari Rachdantia (DOK. PRIBADI)

MENEMPUH pendidikan di prodi Kriya Seni dengan minat utama tekstil, membuat Dheasari Rachdantia tertantang untuk terus berkarya. Saat ini berbagai kerajinan tangan di bidang tekstil berhasil dibuatnya. Mulai dari batik hingga busana dengan beragam model.

Perempuan yang beralamat di RT 5/RW 6 Kelurahan Saripan Kecamatan Jepara ini menceritakan, karena berkecimpung di dunia tekstil saat ini aktivitasnya tidak jauh dari kain dan benang. ”Menyenangkan berkreasi di bidang kerajinan tangan terutama tekstil. Saya membatik, menjahit hingga menganyam,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Mahasiswi ISI Yogyakarta tersebut melanjutkan, sering memasukkan unsur batik terhadap karya yang dibuatnya. Kain batik kemudian dikombinasikan dengan teknik lain seperti makram, sulam tapis serta anyaman dari wol.

Gadis yang juga memiliki hobi di bidang fotografi itu menyatakan, memilih batik karena merupakan warisan budaya Indonesia yang memang harus dilestarikan. ”Dalam batik sendiri kita dapat melatih kesabaran dan ketelatenan karena prosesnya yang panjang,” ujarnya.

Berbagai hasil karya yang dibuatkan, dikatakan Dhea, biasanya diikutsertakan dalam pameran. Baik di dalam maupun luar kampus. ”Banyak ikut pameran di kampus dan juga pameran lain yang bekerjasama dengan kampus,” imbuhnya. 

(ks/emy/lil/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia