Rabu, 13 Dec 2017
radarkudus
icon featured
Politik

Dua Parpol Lengkapi Dokumen Pendaftaran Calon Peserta Pemilu 2019

Jumat, 24 Nov 2017 06:55 | editor : Ali Mustofa

HARI TERAKHIR: Ketua DPC Partai Idaman Zainal Abidin (kiri) menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran parpol kepada Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Su’ud (kanan).

HARI TERAKHIR: Ketua DPC Partai Idaman Zainal Abidin (kiri) menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran parpol kepada Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Su’ud (kanan). (PARTAI IDAMAN FOR RADAR KUDUS)

KOTA – Dua partai politik (parpol) menyerahkan kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran calon peserta Pemilu 2019. Keduanya terdiri dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Islam Damai Aman (Idaman).

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Su’ud menjelaskan proses penyerahan kembali dokumen itu berakhir pada Rabu (23/11) pukul 24.00. Dua parpol tersebut menyerahkan dokumen jelang berakhirnya batas waktu penyerahan kembali.

”Ada dua parpol yang menyerahkan dokumen jelang waktu habis. Yaitu PKPI dan Partai Idaman,” jelasnya.

Proses penyerahan kembali dokumen parpol itu sebagai tindak lanjut dari putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Putusan itu dikeluarkan usai sembilan parpol melaporkan proses pendaftaran ke Bawaslu.

Dengan penyerahan dokumen oleh dua PKPI dan Partai Idaman, total ada 15 parpol yang sudah menyerahkan dokumen pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 ke KPU Kabupaten Rembang.

Dari jumlah tersebut, 11 diantaranya merupakan partai lama. Terdiri dari PPP, Demokrat, PKB, PDI-P, Gerindra, Golkar, Hanura, PAN, PKS, Nasdem dan PKPI. Empat lainnya merupakan parpol baru. Yakni Garuda, Berkarya, Perindo dan Idaman.

Ketua Panwaskab Rembang Totok Suparyanto mengungkapkan, Bawaslu menugaskan pihaknya untuk memantau penyerahan kembali dokumen persyaratan pendaftaran parpol. Pengawasan difokuskan pada ketepatan waktu pendaftaran dan penelitian.

”Parpol harus memenuhi persyaratan keanggotaan sampai ke pengecekan dokumen. Berkas yang diserahkan bisa berupa dokumen yang dulu pernah diserahkan, atau dokumen baru yang sudah dilengkapi,” jelasnya.

(ks/lid/ali/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia