Kamis, 14 Dec 2017
radarkudus
icon featured
Blora

Lima Parpol Belum Memenuhi Syarat

Sabtu, 18 Nov 2017 06:27 | editor : Ali Mustofa

USAI VERIFIKASI: Partai-partai yang sudah mendaftar di KPU Blora ditampilkan dalam slide kemarin.

USAI VERIFIKASI: Partai-partai yang sudah mendaftar di KPU Blora ditampilkan dalam slide kemarin. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora telah meneliti administrasi dan memverifikasi faktual keanggotaan partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019. Hasilnya, masih ada parpol yang perlu memperbaiki persyaratan.

Hasilnya, dari 13 parpol yang meyerahkan berkas ke KPU Blora, lima di antaranya belum memenuhi syarat. Sebab, daftar nama anggota beserta salinan kartu tanda anggota (KTA) dan e-KTP kurang dari batas minimal yang telah ditentukan, yaitu 895 anggota.

Lima partai tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dari 1.090 anggota yang diserahkan hanya 463 anggota yang memnuhi syarat. Sementara Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dari 1.100 anggota yang diserahkan, hanya 881 anggota yang memenuhi syarat.

Berikutnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dari 1.218 anggota, baru 244 yang memenuhi syarat. Begitu juga dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dari 1.485 anggota, hanya 560 anggota yang memenuhi syarat. Sedangkan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) hanya 87 anggota yang dinyatakan memenuhi syarat dari 1.192 anggota yang semula diserahkan.

Parpol lain, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah dinyatakan lolos. Begitu juga dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat, langsung melenggang.

Muhammad Khamdun, komisioner KPU mengungkapkan, berdasarkan hasil analisis dari sistem informasi politik (Sipol), data ganda anggota parpol eksternal ada 676 anggota. Data tersebut tersebar di 12 parpol di 16 kecamatan.

Selanjutnya, data ganda anggota parpol eksternal yang dapat diverifikasi faktual karena memenuhi syarat (MS) ada 187 buah. Hal ini berdasarkan hasil penelitian administrasi.

Hasil verifikasi faktual kegandaan eksternal dan keanggotaan yang tidak memenuhi syarat (TMS) ada 111 orang. Mereka menyatakan sebagai salah satu anggota parpol. Rinciannya, Golkar ada 17 orang, PDI-P 13 orang, Gerindra 4 orang, PAN 4 orang, PKS 8 orang, PKB 7 orang, Nasdem 14 orang, Hanura 9 orang, PPP 9 orang, Perindo 19 orang, dan Garuda kosong.

Hamdun menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian administrasi, dokumen persyaratan parpol yang belum memenuhi syarat dapat diperbaiki. Perbaikan syarat jumlah keanggotaan parpol dengan memperbaiki daftar nama dan alamat anggota parpol. ”Masih ada waktu 14 hari mulai besok (hari ini, Red) untuk menyampaian perbaikan persyaratan administrasi,” terangnya.

Menurutnya, perbaikan dokumen persyaratan dilakukan hanya terhadap dokumen yang dinyatakan belum lengkap atau belum memenuhi syarat pada penelitian administrasi. 

(ks/sub/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia