Sabtu, 16 Dec 2017
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Pameran Pertanian dan Peternakan Digelar Hari ini

Selasa, 14 Nov 2017 10:06 | editor : Ali Mustofa

DINILAI: Berbagai jenis buah dalam lomba buah Pameran Produk Unggulan Pertanian dan peternakan dinilai semalam.

DINILAI: Berbagai jenis buah dalam lomba buah Pameran Produk Unggulan Pertanian dan peternakan dinilai semalam. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

 KOTA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPPKabupaten Jepara kembali menggelar pameran produk unggulan di bidang pertanian dan peternakan. Pameran tersebut akan berlangsung selama dua hari mulai hari ini hingga besok (14-15/11) di Alun-alun Jepara.

Pembukaan kegiatan dijadwalkan berlangsung pagi ini. Rencananya pembukaan dihadiri bupati Jepara, kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Tengah, kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Jawa Tengah serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Kepala DKPP Kabupaten Jepara Achid Setiawan mengatakan, tahun ini kegiatan mengusung tema Pameran Produk Unggulan Pertanian dan Peternakan Berbasis Agribisnis Dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Kabupaten Jepara.

Pameran produk unggulan itu dilaksanakan dalam bentuk lomba buah (durian, pisang saba dan raja, mangga), lomba sapi peranakan ongole (PO), kontes kambing kaligesing, lomba tabulampot, lomba mengukir buah, lomba cipta menu B2SA serta lomba bazar hasil pertanian.

Achid menyampaikan, kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pelaksanaan lomba dari tahun ke tahun terus ditingkatkan kualitasnya. ”Hal ini dapat dilihat dari jenis lomba yang semula hanya durian sekarang sudah berkembang meliputi berbagai buah lain hingga dilakukan pula berbagai kontes ternak. Ada pula hiburan thongtek pada Selasa malam,” ujarnya.

Achid menyatakan, melalui pameran produk unggulan tersebut pihaknya ingin menunjukkan potensi pertanian dan peternakan di Kabupaten Jepara. Di sisi lain juga sebagai upaya meningkatkan pemasaran produk-produk pertanian dan peternakan. ”Tak ketinggalan untuk memperkuat citra daerah sebagai daerah penghasil buah-buah berkualitas,” terangnya.

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi yang tinggi dari pemerintah untuk petani peternak Jepara. ”Kami harapkan melalui even ini moto dinas kami yakni mitra sejati sejahterakan petani dapat terwujud,” urainya.

Pada kegiatan kali ini, Achid menyampaikan, pihaknya melibatkan para petani, peternak, dan para pelaku usaha  hingga produsen benih. Pihaknya menargetkan 10.000 pengunjung dari berbagai kalangan. Mulai dari dinas instansi, pengusaha, pelaku usaha agribisnis, peternak, petani, warga masyarakat serta pelajar. ”Pengunjung bisa melihat pameran secara gratis. Kami juga sediakan bibit gratis dan 500 cup kopi gratis untuk mereka,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia