Kamis, 23 Nov 2017
radarkudus
icon featured
Kudus

Keanggotaan PAN Terbanyak, Demokrat Paling Sedikit

Selasa, 17 Oct 2017 10:50 | editor : Ali Mustofa

BERDOA: Pengurus Partai Golkar mengikuti proses verifikasi parpol calon peserta pemilu 2019 di KPU Kudus kemarin.

BERDOA: Pengurus Partai Golkar mengikuti proses verifikasi parpol calon peserta pemilu 2019 di KPU Kudus kemarin. (AGUS SULISTIYANTO/RADAR KUDUS)

 KOTA – Hingga pukul 18.00 kemarin baru 10 partai politik yang dinyatakan berkas verifikasinya lengkap dan diterima. Di hari terakhir itu ada lima partai politik yang mengurusi verifikasi parpol calon peserta pemilu 2019. Empat di antaranya mendaftar dan dinyatakan langsung lengkap dan satu parpol melakukan perbaikan.

Komisioner KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, hanya 10 partai politik yang dinyatakan lengkap verifikasinya. Namun, pihaknya stand by sampai 24.00. Kemarin parpol yang melakukan verifikasi, yakni Partai Golkar, PAN, Demokrat, dan PPP. Keempatnya dinyatakan lengkap. Meski sebelumnya sempat ada kekurangan, namun berhasil diatasi saat itu juga.

Partai Golkar memiliki 1.704 anggota yang disahkan ke KPU. Saat dilakukan verifikasi sesuai sistem informasi partai politik (Sipol). Lalu, ada PAN dengan anggota 2.195. Jumlah juga dinyatakan lengkap karena sinkron dengan data Sipol.

Untuk Partai Demokrat dinyatakan lengkap. Setelah data anggota 888 orang sesuai Sipol. Begitu juga dengan PPP yang dinyatakan lengkap. Ada 1.101 anggota yang tercatat. Sementara PSI kemarin melakukan perbaikan setelah dinyatakan belum lengkap. PSI memiliki anggota yang sinkron dengan Sipol sebanyak 907 orang.

Sebenarnya syarat minimal keanggotaan parpol di Kabupaten Kudus hanya 832 anggota. Namun sesuai aturan baru, ketika anggota lebih dari syarat minimal dan ternyata tidak sesuai, harus dilengkapi walaupun jumlahnya melebihi syarat minimal. ”Kalau aturan sebelumnya, yang penting lebih dari syarat minimal sudah diterima. Sekarang harus tepat, tidak boleh lebih atau kurang sesuai data Sipol,” terangnya.

Parpol yang dinyatakan lengkap per 18.00, yakni PDIP dengan 1.574 anggota, Partai Nasdem ada 1.005 anggota, dan Partai Gerindra ada 1.362 anggota. Lalu PKS ada 1.239 anggota, Partai Perindo ada 1.670 anggota, Partai Golkar ada 1.704 orang, PSI ada 907 orang, dan Partai Demokrat ada 888 orang, serta PPP dengan 1.101 anggota. 

Sementara Partai Hanura dan Partai Berkarya sebelumnya menyerahkan berkas salinan dokumen keanggotaan ke KPU Kudus. Namun, berkas dikembalikan karena belum lengkap. Sedangkan, PKB hingga tadi malam masih melakukan persiapan pendaftaran. 

(ks/lis/ris/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia