Senin, 23 Oct 2017
radarkudus
icon featured
Jepara

Aksi Bersih Pantai Kumpulkan 5 Ton Sampah

Libatkan Warga hingga Wisatawan Asing

Jumat, 13 Oct 2017 00:07 | editor : Ali Mustofa

PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN: Wisatawan asing mengikuti aksi bersih pantai kemarin.

PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN: Wisatawan asing mengikuti aksi bersih pantai kemarin. (Panitia For Radar Kudus)

 JEPARA – Aksi bersih pantai kembali dilakukan masyarakat Karimunjawa. Wilayah yang disasar tak lain wilayah timur. Tepatnya Pantai Legon Lele yang merupakan wisata pantai alternatif di daratan Karimunjawa.

Aksi bersih-bersih ini, diikuti puluhan orang. Mulai dari masyarakat, wisatawan, hingga berbagai instansi yang ada di wilayah Karimunjawa.

Utomo, salah satu pengurus Yayasan Pitulikur Pulo yang rutin menggagas aksi bersih sampah mengatakan, pihaknya sengaja memilih Pantai Legon Lele untuk dibersihkan, karena banyak tumpukan sampah yang terlihat di tempat tersebut cukup banyak. Terlebih saat ini banyak wisatawan yang mulai mendatangi pantai tersebut, karena memang indah.

Pada aksi bersih sampah kemarin, ada sekitar 5 ton sampah yang terkumpul. Sampah-sampah itu, salah satunya karena sampah dari laut ketika musim angin timur datang. ”Karena saat ini musim timuran, jadi banyak sampah yang menepi ke pantai,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Jenis sampahnya beragam, mulai dari sisa botol kaca, sisa botol minuman kemasan plastik, hingga sampah lain. Sampah-sampah itu, kemudian dibakar dan sebagian dibuang di lahan pembuangan yang disediakan yayasan.

”Karena hingga kini wilayah Karimunjawa belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) yang representatif, kami membakar sebagian sampah-sampah tersebut. Untuk sampah plastik ada juga yang kami buang ke tempat pembuangan sampah yang disediakan yayasan,” terangnya.

Utomo menyampaikan, upaya pembersihan sampah perlu terus dilakukan. Terlebih di lokasi-lokasi wisata pantai seperti Pantai legon Lele. Dari waktu ke waktu, dia melihat kepedulian masyarakat khususnya pelaku wisata semakin meningkat. ”Makin banyak yang ambil bagian dalam upaya bersih sampah ini," terangnya.

Dengan aksi bersih sampah itu, diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi wisatawan. ”Supaya wisatawan bisa lebih nyaman," imbuhnya.

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia