Rabu, 18 Oct 2017
radarkudus
icon featured
Rembang

Debit Air Embung Mulai Menyusut

Jumat, 22 Sep 2017 09:25 | editor : Ali Mustofa

MENURUN: Debit air di hampir semua embung mengalami penurunan. Bahkan, untuk embung berukuran kecil sudah banyak yang kering.

MENURUN: Debit air di hampir semua embung mengalami penurunan. Bahkan, untuk embung berukuran kecil sudah banyak yang kering. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

KOTA – Debit air di beberapa embung di Rembang mulai menyusut. Bahkan, untuk embung-embung kecil sudah banyak yang mengering. Sehingga, masyarakat hanya bisa memanfaatkan embung berukuran besar seperti Grawan dan Lodan untuk mengairi lahan pertanian.

Musim kemarau membuat beberapa wilayah di Rembang dilanda kekurangan air bersih. Tak hanya itu, masyarakat yang selama ini mengandalkan air dari embung untuk irigasi pertanian juga harus was-was. Sebab ketersedian air di beberapa embung mulai menipis.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Pramujo menjelaskan, debit air di hampir semua embung di Kota Garam sudah mengalami penurunan.

Untuk embung berukuran kecil yang biasanya ada di desa-desa, tidak sedikit diantaranya sudah ada yang kering. Salah satunya di Desa Pondokrejo, Kecamatan Bulu. ”Embung-embung yang kapasitasnya kecil banyak yang sudah kering,” jelasnya.

Sedangkan untuk embung-embung yang besar memang masih ada airnya. Tapi, debit air sudah mulai menurun. Misalnya di Waduk Panohan, Embung Lodan, Embung Grawan dan Embung Banyukuwung. Air di embung-embung tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk lahan pertanian.

Puji, salah satu warga Desa Demaan, Gunem mengungkapkan hal senada. Bahkan embung di desa setempat sudah kering sejak akhir Juli lalu. Untungnya para petani tembakau di wilayah tersebut sudah panen sebelum kemarau.

”Sudah kering sebelum Agustus. Sekarang sawah-sawah ya kering. Mau cari air dari mana, embung saja tidak sudah tidak ada airnya,” ungkapnya.

(ks/lid/ali/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia