Selasa, 17 Oct 2017
radarkudus
icon featured
Grobogan

Puas dengan Kualitas, Pengusaha Kontrak 500 Ton Beras

Kamis, 21 Sep 2017 16:55 | editor : Ali Mustofa

KUALITAS BAGUS: Sejumlah pegawai Disperindag Grobogan ketika memperlihatkan beras kualitas bagus yang diproduksi Grobogan dalam stan ekspo di Alun-alun Purwodadi.

KUALITAS BAGUS: Sejumlah pegawai Disperindag Grobogan ketika memperlihatkan beras kualitas bagus yang diproduksi Grobogan dalam stan ekspo di Alun-alun Purwodadi. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

GROBOGAN – Beras kualitas baik yang diproduksi petani Grobogan menjadikan para pengusaha mulai memilih beras asal Grobogan. Hal itu karena beras tersebut disukai di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Grobogan Karsono melalui Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Indri Agus Velawati mengatakan, saat digelar pameran, beras Grobogan selalu ramai dikunjungi pembeli karena harganya terjangkau dan berkualitas.

”Dari hasil pameran beberapa waktu lalu di Ambarawa, ada pengusaha langsung mengontrak membeli beras asal Grobogan. Jumlahnya mencapai 500 ton,” kata Indri.

Dikatakan, beras berkualitas ini dikarenakan petani Grobogan dikenal ulet dalam bertani. Selain itu juga karena ada dukungan irigasi yang bagus dan pemberian penyuluhan dari pemerintah daerah.

”Ada rencana dari kami untuk mematenkan beras asal Grobogan karena dikenal enak dan bagus kualitasnya,” terang dia.

Indri menambahkan, untuk membantu petani dalam penjualan, dinas berupaya aktif dalam membantu pemasaran. Yaitu mengikuti setiap pameran produk pertanian. Selain pemasaran, juga memberikan penyuluhan kepada petani.

Program lain adalah menyimpan hasil panen padi ketika harga mulai jatuh, di resi gudang Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari. Gudang tersebut untuk penyimpanan dan pengeringan. ”Kami mengajak kepada petani agar menyimpan di resi gudang saat harga gabah jatuh. Ketika harga gabah tinggi baru dijual. Resi gudang juga bisa dibuat agunan pinjaman bank untuk permodalan,” ujarnya.

(ks/mun/aji/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia