Minggu, 22 Oct 2017
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Pergoki Pencuri, Main Hakim Sendiri

Minggu, 17 Sep 2017 17:36 | editor : Ali Mustofa

BABAK BELUR: Pelaku pencurian diamankan ke Mapolsek Cluwak kemarin.

BABAK BELUR: Pelaku pencurian diamankan ke Mapolsek Cluwak kemarin. (DOK. POLSEK CLUWAK)

PATI – Nasib apes dialami Suntoro, warga Desa Pendem, Kembang, Jepara. Laki-laki berusia 40 tahun ini diamuk massa saat hendak mencuri di rumah Karwi, 41, warga Desa Mojo, Cluwak, Pati, kemarin pagi. Bahkan, pelaku babak belur akibat diamuk massa dan digelandang menuju ke balai desa setempat.

Peristiwa itu bermula saat pelaku pergi dari rumahnya pukul 07.00 menuju ke rumah Karwi menggunakan sepeda motor miliknya bernopol K 6970 HQ. Diduga, pelaku sebelumnya sudah mengintai rumah korban. Pelaku mencongkel pintu belakang rumah menggunakan linggis berwarna biru.

Pelaku lantas masuk ke dalam rumah. Saat itu juga, warga sekitar mencurigai sepeda motor pelaku. Sesampainya pelaku di dalam rumah korban, di luar sudah banyak massa yang mendekati sepeda motor miliknya yang diparkir di depan rumah korban.

Pelaku pun tidak jadi mengambil barang-barang milik korban karena ketakutan. Saat ia keluar rumah, massa pun langsung menangkapnya. Setelah mendapatkan bogem dari puluhan warga, pelaku lantas diarak menuju balai desa setempat. Namun sebelum sampai di balai desa, datang petugas dari Mapolsek Cluwak dan mengamankan pelaku dari amukan warga.

“Pelaku ini dikenali warga karena sering mondar-mandir di Desa Mojo. Warga sini juga sudah sering kemalingan. Mereka kehilangan uang, perhiasan, dan ponsel. Semoga setelah ini desa kami jadi aman,” kata salah satu warga setempat, Rikan.

Sementara itu, Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan melalui Kabag Ops Kompol Sundoyo menjelaskan, pelaku sudah diamankan di Mapolsek Cluwak dengan kondisi babak belur. Beruntung, pelaku secepatnya diamankan polisi sehingga aksi main hakim sendiri itu tidak sampai menimbulkan akibat yang lebih fatal.

“Kami hanya mengamankan sepeda motor dan linggis milik pelaku. Kasusnya masih kami dalami. Kalau terbukti, maka bisa dijerat pasal 363 KUHP junto 53 KUHP tentang percobaan pencurian,” bebernya. Modus dari pencurian itu, tersangka melakukan perbuatannya mencongkel rumah yang sedang ditinggal bekerja pemiliknya.

(ks/put/aji/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia