Senin, 25 Sep 2017
radarkudus
Grobogan

Tekankan Tenaga Kesehatan Tak Berorientasi Profit

Rabu, 13 Sep 2017 11:25 | editor : Ali Mustofa

APRESIASI: Bupati Grobogan Sri Sumarni mendapatkan penghargaan dari Sekretarris Pelaksana Koordinator Kopertis wilayah Jawa Tengah Amsar dalam Wisuda dan Sumpah Profesi Stikes Annur Purwodadi kemarin.

APRESIASI: Bupati Grobogan Sri Sumarni mendapatkan penghargaan dari Sekretarris Pelaksana Koordinator Kopertis wilayah Jawa Tengah Amsar dalam Wisuda dan Sumpah Profesi Stikes Annur Purwodadi kemarin. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

GROBOGAN -  Bupati Grobogan Sri Sumarni menekankan bidan dan perawat mengedepankan profesionalisme kerja. Disamping itu, didukung rasa pengabdian agar mampu menjadi pribadi matang dan berkompeten dalam memberikan pelayanan kesehatan.

”Kami ketahui bersama, bahwa profesi perawat dan bidan mempunyai tujuan kesejahteraan umat manusia dan mempunyai ciri-ciri profesi yang utuh,” kata Bupati Sri Sumarni dalam sambutan Wisuda Mahasiswa Stikes Annur Purwodadi kemarin (12/9).

Menurutnya, menguasai berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan yang berbasis pada ilmu epidemiologi, statistik kesehatan, dan pendidikan kesehatan masyarakat. Selain itu, ada konsep kesehatan masyarakat.

”Untuk lulusan bidan diharapkan bisa membantu memberikan pelayanan persalinan yang optimal. Sehingga mampu menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Grobogan,” terangnya.

Bupati menambahkan, banyak peran perawat dan bidan. Peran itu di antaranya pelaksana pelayanan kesehatan, pendidik, pembaharu, panutan dan  tempat bertanya. Hal itu membawa konsekuensi akan perlunya perubahan pola pikir, tata sikap, dan prilaku perawat dan bidan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Sehingga perlu berpikir kritis, tanggap terhadap situasi, dan bila diperlukan mampu mengembangkan ide-ide baru dalam melaksanakan tugas profesi.

”Saya berpesan agar para perawat, bidan tetap dapat menjunjung tinggi kode etik, meningkatan profesionalisme, dan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Tidak hanya memberikan pelayanan yang berorientasi profit semata, namun mengedepankan fungsi sosial,” pesanya.

Ketua Stikes Annur Purwodadi Anita Lutvianti mengatakan, Stikes Annur saat ini telah terakreditasi nasional perguruan tinggi. Ada empat prodi, yaitu Prodi Keperawatan, Prodi Ners, Prodi D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, dan Akademi Kebidanan Annur telah terakreditasi B.

(ks/mun/ris/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia