Selasa, 21 Nov 2017
radarkudus
icon featured
Grobogan

Harus Jadi Inspirator Generasi Muda

Riksa dan Kalita Juara Duta Wisata 2017

Senin, 11 Sep 2017 14:10 | editor : Ali Mustofa

CAKAP: Riska Tri Surya Pratama dan Kalita Putri Kusuma Dewi menjadi juara Mas dan Mbak Grobogan 2017 yang dinobatkan di pendapa kabupaten kemarin malam.

CAKAP: Riska Tri Surya Pratama dan Kalita Putri Kusuma Dewi menjadi juara Mas dan Mbak Grobogan 2017 yang dinobatkan di pendapa kabupaten kemarin malam. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

PURWODADI – Riksa Tri Surya Pratama dan Kalita Putri Kusuma Dewi berhasil menjadi Mas dan Mbak Duta Wisata Grobogan 2017. Mereka berhasil menyisihkan 30 finalis dalam malam grand final Mas dan Mbak Grobogan di pendapa kabupaten kemarin malam. Kegiatan yang dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni ini, berlangsung meriah dan disaksikan ratusan penonton.

Peserta duta wisata harus melalui beberapa seleksi. Meliputi tes pengetahuan umum, pengetahuan kepariwisataan, pengetahuan bahasa dan budaya Jawa, kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris, pemahaman tentang ngadi salira dan ngadi busana, kepribadian, moral dan etika, serta kemampuan berbicara di depan publik (public speaking). Materi tersebut, juga ditanyakan dewan juri saat malam grand final. Dari 30 peserta, kemudian dipilih 10 pasang.

Saat grand final, pertanyaan diberikan dalam bahasa Indonesia, Jawa, dan Inggris. Bahkan, Bupati Sri Sumarni memberikan pertanyaan langsung kepada salah satu finalis. ”Bagaimana cara duta wisata mempromosikan wisata dan pengembanganya di Grobogan saat ini?” tanya bupati.

Dari grand final itu, keluar sebagai juara I kategori putra atau sebagai Mas diraih Riksa Tri Surya Pratama. Sedangkan katageri putri atau sebagai Mbak diraih Kalita Putri Kusuma Dewi. Selain juara I, Riksa yang juga siswa SMAN 1 Purwodadi itu, juga menjadi juara favorit Mas Duta Wisata dan juara favorit Grand Master Hotel. Sedangkan Kalita yang juga mantan juara Mbak busana terbaik Duta Wisata Grobogan 2015, batik karnival, dan lomba putri Kartini 2015 juga berhasil menjadi juara photogenic Front One Hotel Purwodadi.

Bupati Grobogan Sri Sumarni berharap, duta wisata terpilih menjadi duta pembangunan pariwisata dan teladan bagi generasi muda di Kabupaten Grobogan. Mas Mbak Duta Wisata ini juga bisa menjadi sarana pengembangan potensi, bakat, kreativitas, dan kecerdasan generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan mempromosikan kekayaan seni, budaya, dan pariwisata Grobogan.

”Selain harus mampu mempromosikan dunia wisata daerah kita, kalian harus mampu meningkatkan kadar pemahaman masyarakat tentang peran pariwisata dalam pembangunan daerah,” pesan bupati.

(ks/mun/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia