Kamis, 21 Sep 2017
radarkudus
Sportainment

KASKUS Gelar Acara Lari Bersama Juara Bulu Tangkis Dunia di Kudus

Jumat, 08 Sep 2017 10:32 | editor : Panji Atmoko

BERSAMA PEBULU TANGKIS DUNIA: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat diarak setelah memenangkan medali emas Olimpiade Brasil. Mereka akan mengikuti KASKUS Kudus Half Marathon pada 24 September 2017 mendatang.

BERSAMA PEBULU TANGKIS DUNIA: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir saat diarak setelah memenangkan medali emas Olimpiade Brasil. Mereka akan mengikuti KASKUS Kudus Half Marathon pada 24 September 2017 mendatang. (DOK RADAR KUDUS)

 KUDUS – SEA Games 2017 baru saja berlalu, tapi semangat olahraga masih terus berkobar. Setidaknya semangat inilah yang hendak dikobarkan oleh KASKUS. Salah satunya dengan menggelar perlombaan lari yang diberi nama KASKUS Kudus Half Marathon pada tanggal 24 September 2017 mendatang di Kabupaten Kudus.

Tak tanggung-tanggung, KASKUS memberikan kesempatan langka kepada para peserta lomba untuk dapat lari bersama para juara bulu tangkis dunia. Seperti Hastomo Arbi, Liem Swie King, Hariyanto Arbi, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Kaskus Kudus Half Marathon 2017 akan memperlombakan beberapa kategori lari. Seperti Half Marathon 21K, 10K, 5K dan Kids Fun Run 1K. Pendaftarannya sudah mulai dibuka. Bisa lewat situs online www.kaskuskudushalfmarathon.com ataupun datang langsung (offline) ke beberapa tempat pendaftaran yang sudah ditunjuk. Seperti di Radio Gajah Mada FM Semarang di Jalan MT Haryono No. 161; Radio Trax FM Semarang di Jalan Sultan Agung No. 63; Kantor Radar Semarang di Jalan Veteran No 55; Kantor Radar Kudus di Jalan Lingkar Utara No 17 Bacin Bae Kudus, dan di Kantor Bupati Kudus, Jalan Simpang Tujuh No. 1.

Pendaftaran online maupun offline hanya dapat dilakukan hingga tanggal 10 September 2017 dan khusus pendaftaran di Kantor Bupati hanya dapat dilakukan pada tanggal 8-10 September 2017 pada pukul 12.00 – 19.00 WIB.

Kudus selain dikenal sebagai kota pencetak juara bulu tangkis dunia, juga dikenal dengan wisata religinya. Karena di kota ini terdapat Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Di kota ini pula, karena kentalnya perpaduan budaya Hindu, Islam dan Jawa, terdapat masjid yang bangunannya masih kental budaya Hindu, yaitu Masjid Menara Kudus.

Di Kudus terdapat sebuah tradisi untuk tidak makan daging sapi. Karena sapi adalah hewan suci bagi umat Hindu. Maka daging kerbau dipilih untuk menggantikan daging sapi. Beberapa makanan khas Kudus berbahan inti daging kerbau, seperti sate kerbau dan soto kerbau yang terkenal kelezatannya. Makanan lainnya yang tidak kalah lezatnya adalah garang asem, ayam gongso dan opor sunggingan, yaitu opor ayam yang dibakar.

Selain wisata religi dan kuliner, Kudus terkenal dengan keindahan wisatanya. Dataran tingginya yang disebut daerah Colo mempunyai pemandangan yang sangat asri dengan udara yang sejuk. Di daerah ini terdapat air terjun Montel, kebun kopi dan taman.

Ada juga Desa Wisata Rahtawu yang berada di daerah paling atas dari Kecamatan Gebog, sekitar 30 menit dari pusat kota Kudus. Di desa wisata ini terdapat pemandian alami Kedung Gong yang dikelilingi pemandangan indah dan juga beberapa gazebo untuk beristirahat dan di desa ini pula terdapat air terjun yang diberi nama Kali Banteng atau kebanyakan masyarakat mengenalnya dengan sebutan Air Terjun Sendang Jodho.

Di Kudus sendiri terdapat beberapa tradisi Jawa Kuno seperti tradisi Buka Luwur, Dandangan, Kupatan, Budaya Wiwit Kopi, Budaya Tari Kretek, Rogomoyo, Jenang Tebokan, Rebo Wekasan, Ampyong Maulid dan Bulusan. Semua budaya ini menyimpan nilai-nilai luhur dan pesan dari generasi ke generasi untuk menjaga kelestariannya.

Waktu menjalankan tradisi ini berbeda-beda tergantung dari momentumnya. Dan beberapa dari tradisi ini akan digelar di dalam rangkaian acara perayaan ulang tahun Kudus yang dimulai tanggal 20 September hingga 31 September 2017, termasuk acara KASKUS Kudus Half Marathon pada tanggal 24 September 2017.

Nah, tunggu apalagi, langsung saja daftar untuk ikut KASKUS Kudus Half Marathon. Biaya pendaftarannya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 75.000,-hingga Rp 125.000,- dan setiap peserta lomba mendapat kesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp 84.000.000 dan juga berbagai doorprize menarik seperti sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, TV 40”, dispenser air, headphones, speaker, voucher blibli.com dan goody bag.

(ks/aji/aji/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia