Senin, 23 Oct 2017
radarkudus
icon featured
Kudus

Sedekah Bumi Desa Tanjungrejo Meriah

Rabu, 23 Aug 2017 13:20 | editor : Ali Mustofa

BERSYUKUR: Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo berebut gunungan saat kirab budaya sedekah bumi Minggu (20/8) lalu.

BERSYUKUR: Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo berebut gunungan saat kirab budaya sedekah bumi Minggu (20/8) lalu. (FARUQ HIDAYAT/RADAR KUDUS)

JEKULO – Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, bersyukur atas hasil bumi yang melimpah. Untuk mewujudkan itu, mereka menggelar Kirab Budaya Sedekah Bumi. Berbagai hiburan kesenian ditampilkan peserta kirab. Selain itu, ada hujan dawet Minggu (20/8) lalu.

Joko Prihatin, ketua BPD Desa Tanjungrejo yang juga ketua panitia Sedekah Bumi menjelaskan, acara ini digelar setiap Apit atau dikenal tradisi apitan. Tradisi ini sudah turun temurun dari nenek moyang.

”Tahun kemarin kami tidak menggelar kirab budaya, namun tahun ini kami menggelar karnaval budaya yang diikuti seluruh sekolah, mulai dari SD, MI, SMP, MTs hingga SMA baik negeri maupun swasta. Termasuk, peserta tarian masal dari SMA 1 Jekulo dan kelompok drum band dari SMAN 1 Bae,” ujarnya.

Sementara dari warga setiap RW dari 10 RW menampilkan kreasi. Hasilnya diperagakan di panggung kehormatan. “Kami ada pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang dari Pati dan sindennya Nurhana,” tambahnya.

Kegiatan yang digelar pukul 14.00 ini dihadiri Camat Jekulo Yussi Sasepti; Kapolsek Jekulo AKP Subakri; Kades Tanjungrejo Yuli Lukmawati; Ketua BPD Joko Suprihatin; tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta warga menjadi peserta kirab budaya.

Camat Jekulo Yussi Susepti mengatakan, kirab budaya dan sedekah bumi ini sudah selayaknya dilestarikan. Apalagi Desa Tanjungrejo ini masuk dalam desa wisata. ”Bila nanti Bedung Logung sudah jadi dan mulai dikunjungi wisatawan, desa ini akan mengalami dampak positif,” ujar Yussi.

(ks/ruq/ris/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia