Jumat, 22 Sep 2017
radarkudus
Pendidikan

Sulap Limbah Jadi Kostum Menarik

Rabu, 16 Aug 2017 09:30 | editor : Ali Mustofa

SUPER HERO: Seorang pelajar SMK Muhammadiyah Rembang mengenakan kostum super hero yang dibuat dari limbah tak terpakai pada perlombaan menyemarakkan HUT ke-72 RI di sekolah.

SUPER HERO: Seorang pelajar SMK Muhammadiyah Rembang mengenakan kostum super hero yang dibuat dari limbah tak terpakai pada perlombaan menyemarakkan HUT ke-72 RI di sekolah. (WISNU AJI/REMBANG)

KOTA – Puluhan pelajar SMK Muhammadiyah Rembang antusias mengikuti kontes peragaan kostum dari bahan limbah tak terpakai. Mereka menyulap berbagai bahan limbah yang tak terpakai seperti, kain, botol bekas, kertas koran hingga kardus menjadi berbagai kostum.

Desain unik mulai baju pesta menggunakan koran bekas, kostum super hero, kostum dari botol menjadi bagian yang sangat menghibur pada perayaan dalam rangka menyambut perayaan HUT ke-72 RI.

Sementara untuk desain kostum bervariasi mulai Rp 40 ribuan hingga Rp 200 ribuan. Semuanya, murni iuran dan kreasi masing-masing kelas. Perwakilan peserta siswi kelas XI Ayu Intan mengaku, dalam lomba desain baju ini memilih bahan baku koran bekas. Pertimbangannya mencarinya mudah, sehingga tinggal dituangkan dalam bentuk kreasi.

”Kami membuatnya hanya sehari. Kebetulan di rumah dibantu ayah yang berprofesi sebagai penjahit,” katanya.

Lain halnya dengan Adis Khoirunusa dan Beta Darwanti dirinya berdua lebih memilih gunakan air perca batik. Pertimbangannya limbah sangat melimpah sehingga sayang ketika dibuang begitu saja.

”Kami persiapan dua bulan, paling lama mengumpulkan kain perca. Ketika semua bahan terkumpul kita langsung jadikan kostum,” katanya.

Sementara itu penanggung jawab acara sekaligus guru otomotif Mahmud Wildan Taufik menyampaikan peserta yang mengikuti fashion sekitar 40 siswa dari 30 kelas. Pihaknya menyebutkan, masing-masing kelas minimal satu dan maksimal empat menunjukkan desain, dengan pembagian tugas ada yang ditunjuk model.

”Desain kostum yang dinilai mulai dari kerapian, kesesuaian tema dan keindahan sesuai dengan tema masing-masing,” terangnya.

Dia menuturkan, acara digelar dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan. Selain itu, khusus fashion show pihaknya ingin mewadahi bakat anak didik. “Rencana peserta akan ditampilkan di acara carnival yang akan berlangsung tanggal 20 Agustus mendatang,” katanya.

Menurut Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Rembang Suparno, ada banyak manfaat dari kegiatan kali ini. Utamanya memberikan wadah anak berkreasi dengan menggunakan limbah, lalu membuat lompatan dalam menyemarakkan hari kemerdekaan.”Kami berharap kegiatan ini mampu memupuk pendidikan berkarakter dan nasionalisme tiap siswa,” imbuhnya. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia