Jumat, 22 Sep 2017
radarkudus
Pati

Imunisasi Rubella, Sasar Balita dan Siswa

Sabtu, 15 Jul 2017 13:19 | editor : Ali Mustofa

DIIMUNISASI ULANG: Siswa SD Pati saat berkunjung di Pasar Pragolo, belum lama ini.

DIIMUNISASI ULANG: Siswa SD Pati saat berkunjung di Pasar Pragolo, belum lama ini. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

 KOTA – Ribuan anak bawah lima tahun (balita) usia sembilan bulan hingga 15 tahun bakal mendapatkan imunisasi ulang campak rubella. Imunisasi ulang ini untuk memperkuat kekebalan tubuh anak, terlebih anak yang belum pernah tersentuh imunisasi campak tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Edy Sulistyono menjelaskan, imunisasi ulang campak ini rencananya dilaksanakan pada Agustus hingga September nanti. Petugas akan menyasar puskesmas, posyandu, hingga sekolah-sekolah di Pati. Imunisasi yang dilakukan secara mandiri memerlukan biaya mahal sehingga dilaksanakan serentak secara gratis.

“Imunisasi campak sudah dilakukan kepada anak-anak sejak lahir di setiap puskesmas. Namun untuk memperkuat daya tahan tubuh anak, kami rasa perlu dilakukan imunisasi ulang. Dikhawatirkan, ada yang belum pernah diimunisasi waktu kecil,” ungkapnya.

Virus rubella salah satu jenis penyakit campak yang terus ada dan membahayakan bayi dan dewasa yang diserang campak. Imunisasi ulang ini supaya virus tersebut tidak menyerang anak-anak khususnya perempuan. Dampaknya jika anak perempuan tidak pernah imunisasi, akan membahayakan waktu perempuan itu sedang hamil.

“Anak yang dikandungnya berpotensi mengalami kecacatan saat dilahirkan. Maka diperlukan imunasi ulang secara berkala. Rencananya, pada Agustus kami akan menyasar siswa di sekolah. Kemudian pada September fokus untuk mengimunisasi balita di posyandu masing-masing kecamatan,” katanya.

Ia berharap, semua anak-anak usia Sembilan bulan hingga 15 tahun diimunisasi secara menyeluruh. Imunisasi itu dilaksanakan saat siswa sudah mulai pembelajaran usai pascaliburan sekolah. Lagi pula, imunisasi ini gratis sehingga harus dimanfaatkan masyarakat.

(ks/put/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia