Jumat, 22 Sep 2017
radarkudus
Inspirasi

Bangga Main Gamelan

Sabtu, 15 Jul 2017 00:34 | editor : Ali Mustofa

Nabila Nur Hikmah Nu’ma

Nabila Nur Hikmah Nu’ma (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

NABILA Nur Hikmah Nu’ma tidak malu kenalkan kesenian daerah. Hal ini ditunjukkan dengan bergabung di ekstrakurikuler karawitan di SMPN 2 Rembang.

Dia memilih musik gamelan. Sebab, dia ingin nguri-nguri kebudayaan. Prinsipnya  di tengah era modern, jangan sampai musik tradisional ditinggalkan atau dikesampingkan. ”Justru saya bangga dapat membawakan alat musik gamelan,” aku remaja kelahiran Pati, 9 Juni 2003 ini.

Anak pasangan dari Sudiarto dan Supini ini mengaku, waktu luangnya dipergunakan mendalami musik tersebut. Caranya seminggu sekali mendalami karawitan bersama teman-temannya. ”Awalnya susah sebab tidak paham not. Setelah saya dalami, tidak sampai sebulan sudah paham,” katanya kemarin.

Hingga kini sudah ada beberapa lagu yang dikuasai, di antaranya Sue Ora Jamu dan Sayuk-Sayuk. Dalam hal ini Nabila dipercaya memegang alat musik demung dan saron.

Terkait eksitensi di dunia seni, Nabila ingin menunjukan bakat di kampung halamannya, RT 4 RW 2, Desa Mangunlegi, Kecamatan Batangan, Pati. Disamping itu dapat menularkan bakat kepada adik kelas.

”Memang saya orangnya tidak bisa diam, ingin selalu mencoba hal baru. Begitupun saat melihat kakak tingkatnya menekuni karawitan, dalam hati bergerak ingin mendalami,” terang anggota OSIS SMPN 2 Rembang.

(ks/noe/top/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia