Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Pati

Dana Kampanye Paslon Rp 1 M

Senin, 13 Feb 2017 11:00

Dana Kampanye Paslon Rp 1 M

KAMPANYE PEMUNGKAS: Paslon Haryanto dan Saiful Arifin saat kampanye terbuka di halaman Stadion Joyokusumo Sabtu (11/2) lalu. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

KOTA – Tim sukses (timses) pasangan calon (paslon) Haryanto-Saiful Arifin telah menyerahkan laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye (LPPDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati kemarin (12/2) pukul 16.30. Pada laporan itu, timses telah melaporkan LPPDK sekitar Rp 1 miliar.

Komisioner KPU Pati Supriyanto menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa kelengkapan berkas laporan dana kampanye itu. Setelah diperiksa, laporan itu memenuhi syarat dan sesuai dengan format yang telah ditentukan KPU Pati.

Paslon sudah menyerahkan LPPDK sehari setelah kampanye terbuka. Sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2015 yang diubah dalam PKPU Nomor 13 Taun 2016, paslon harus menyerahkan LPPDK sehari setelah kampanye terbuka maksimal pukul 18.00, tapi paslon menyerahkannya pukul 16.30.

“Sedangkan untuk total dana kampanye paslon dari dana awal, sumbangan parpol, dan setelah kampanye terbuka mencapai Rp 1.053.312.734. Dengan total pengeluaran selama masa kampanye Rp 1.042.500.000,” ungkap Supri.

Jumlah dana itu juga tidak melampaui batas dana kampanye yang ditentukan KPU maksimal Rp 14 miliar. Setelah penerimaan LPPDK, laporan itu akan diserakhan kepada akuntan publik di Semarang untuk selanjutnya diaudit.

“Setelah hasil auditnya keluar, nanti akan diumumkan kepada masyarakat. Pada intinya, paslon menyerahkan LPPDK sebelum batas waktu yang telah ditentukan dan tidak melebihi batas dana yang ditetapkan KPU,” ungkapnya.

Supri menambahkan, sebelumnya pada laporan awal dana kampanye (LADK), paslon sudah menyerahkan laporannya senilai Rp 150 juta. Kemudian disusul pelaporan LPSDK dari para parpol dan perseorangan yang dibatasi masing-masing parpol maksimal menyumbang Rp 750 juta dan perseorangan menyumbang Rp 75 juta.

Kemudian pada penyerahan LPPDK usai pelaksanaan kampanye pemungkas,  paslon menyerahkan total dana kampanye dari awal hingga akhir sekitar Rp 1 miliar. Dana kampanye paslon tidak hanya bersumber dari kedua paslon. Namun dari perusahaan, perorangan, dan lainnya. (put/aji)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia