Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Rembang

Jadi RSUD Unggulan di Bagian Timur Jateng

Terus Tingkatkan Terobosan Pelayanan

Sabtu, 11 Feb 2017 12:04

Jadi RSUD Unggulan di Bagian Timur Jateng

MEWAH: Layanan dokter spesialis dengan fasilitas mewah di Ruang VIP Paviliun Kartini (HUMAS RSUD DR R SOETRASNO REMBANG FOR RADAR KUDUS)

DIUSIANYA ke-62 tahun RSUD dr R Soetrasno Rembang terus melakukan pembenahan pelayanan pada masyarakat. Berbagai terobosan pelayanan sesuai dengan visi sebagai RSUD unggulan di wilayah Jawa Tengah bagian timur terus dilakukan oleh RSUD yang telah mengantongi predikat akreditasi paripurna sejak tahun 2014 ini.

Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, RSUD dr R Soetrasno berhasil meraih capaian kinerja pelayanan yang membanggakan. Pada tahun 2015, layanan rawat jalan mencatat peningkatan kunjungan pasien sebanyak 21 persen atau 84.821 kunjungan dibandingkan kunjungan pada tahun 2014 sebanyak 69.925 pasien.

Pada akhir tahun 2016, tercatat peningkatan kunjungan 16 persen  atau sebanyak 98.701 pasien. Yang menarik, peningkatan kunjungan pasien di Poliklinik Eksekutif Paviliun Kartini, dimana tercatat kenaikan 106 persen sebanyak 8.438 pasien pada tahun 2015, lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2014, sebanyak 4.082 pasien.

Sedangkan pada tahun 2016, peningkatan kunjungan juga cukup membanggakan dimana tercatat jumlah kunjungan adalah 13.039 pasien atau meningkat 54 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Rembang dan sekitarnya cukup antusias terhadap layanan Klinik Eksekutif Paviliun Kartini.

Padalayanan rawat inap juga tercatat peningkatan hunian dimana pada tahun 2016 sebanyak 23.248 pasien dirawat dengan tingkat okupansi di 82 persen. Layanan operasi juga meningkat signifikan pada tahun 2016 dilayani 5.667 operasi atau rata-rata operasi 15-20 operasi per hari.

 

Peningkatan Kinerja Keuangan

Sejak berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) penuh pada tahun 2010, RSUD  berhasil memacu peningkatan kinerja keuangan sebagai dampak dari kinerja layanan yang terus meningkat. Pada tahun 2016, tercatat realisasi pendapatan sebesar Rp 82,7miliar atau 103 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 80 miliar.

Kinerja keuangan pada tahun 2015, juga berhasil meningkatkan pendapatan sebesar Rp. 69,7miliar dari tahun sebelumnya (2014) sebesar Rp 57,6 miliar.

Peningkatan Fasilitas dan Layanan

Pada tahun 2016 RS utama di Rembang ini, memiliki 23 klinik spesialistik dan tujuh klinik Eksekutif di Paviliun Kartini, dengan rata-rata kunjungan 328 pasien per hari. Dilayani oleh 28 dokter spesialis dari 17 spesialisasi, 14 dokterdan 12 residen senior dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegorodan Universitas Sebelas Maret.

Didukungoleh 322 perawat, 28 bidan, 13 apoteker, 22 analis laboratorium dengan total karyawan sebanyak 751 orang baik dari PNS, Pegawai BLUD danTenaga Harian Lepas (THL).

Pada awal 2017 ini, telah dioperasionalkan Gedung Perawatan Kelas III dengan kapasitas sebanyak 62 tempat tidur dari 3 lantai yang dimiliki. Selain itu, juga pembangunan lantai 4 Gedung Paviliun Kart ini dengan penambahan kapasitas sebanyak 12 tempat tidur pada kelas VIP dan VVIP.

Rencana Pengembangan Pelayanan

RSUD kebanggaan warga Rembang ini, telah merencanakan pengembangan pelayanan kedepannya. Pada tahun 2017 ini, direncanakan pembangunan IGD dan ruang rawat inap senilai Rp 5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pembangunan Gedung Penunjang Medis sebanyak 4 lantai dengan nilai Rp 6,7 miloar. Selain itu, juga pembenahan fasilitas umum melalui pembenahan fasilitas parkir, pembangunan asrama dokter dan rehabilitasi masjid.

Di sisilain, pada pertengahan Februari ini, RSUD juga mengembangkan pendaftaran layanan rawat jalan melalui SMS (short message service) untuk memberikan alternatif akses layanan bagi masyarakat dan upaya untuk mengurai antrean.

Sistem antrean ini, akan dikembangkan secara bertahap untuk bisa diakses melalui mobile application dan via website yang direncanakan diluncurkan pada paruh keduatahun 2017.

Lebih lanjut, seluruh pengembangan pelayanan di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang adalah upaya untuk menjawab kebutuhan atas pelayanan kesehatan yang bermutu, mudah diakses dan membanggakan bagi masyarakat Rembang dan sekitarnya.

 

 

 

Layanan Sepenuh Hati Melalui SMART Care Quality

Sejak medio pertengahan 2016, RSUD dr. R. Soetrasno Rembang mencanangkan Transformasi Budaya Pelayanan dengan konsep SMART Care Quality. Pada tahap awal (People), seluruh karyawan mendapatkan training skill dan pengetahuan terkait dengan cara memberikan salam, menyapa pelanggan, dan menawarkan solusi atas kendala yang dialami pelanggan.

Kegiatan pada tahap awal ini, terus menerus diulang pada seluruh karya wandengan monitoring evaluasi terhadap implementasi secara acak melalui pihak ketiga untuk mendapatkan potret hasil capaian yang obyektif guna membantu menyusun perbaikan selanjutnya.

Selain menyasar pada aspek people, SMART Care Quality juga membenahi prosedur layanan pada pelanggan (tahap proses) dan memberikan rekomendasi terhadap pembenahan fasilitas, penentuan branding perusahaan dan pengelolaan market (tahap product) yang   secara bertahap akan dikerjakan pada tahun 2017 ini.

Melalui peningkatan kapasitas kompetensi SDM, pembenahan proses pelayanan dan penataan fasilitas melalui program ini diharapkan RSUD dr. R. Soetrasno Rembang mampu merebut hati pelanggan dan menjadi kebanggaan masyarakat Rembang dan sekitarnya. (ADV)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia