Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Kudus

Pengoperasian Parkir Tiga Lantai Tunggu Koordinasi

Sabtu, 11 Feb 2017 11:47

Pengoperasian Parkir Tiga Lantai Tunggu Koordinasi

OPTIMALISASI: Lokasi parkir Pasar Kliwon Kudus belum dioperasikan hingga kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS )

KOTA – Parkir tiga lantai Pasar Kliwon akan segera dibuka. Izin operasi sudah diberikan. Kendati demikian, Dinas Perdagangan Kudus masih melakukan koordinasi untuk pengoperasian parkir tersebut. Koordinasi ini melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, segera melakukan koordinasi. ”Keluar masuknya kendaraan dan sistem parkir perlu dirapatkan. Agar tidak  ada kendala setelah dibuka,” ungkapnya kemarin.

Tempat parkir yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 23 miliar ini diperkirakan menampung sekitar 200 kendaraan. Mulai mobil berukuran kecil, bus wisata, hingga truk pengangkut.       

Adanya perkiraan ratusan kendaraan itu diperlukan uji coba bersama dengan Dishub dan Satlantas. Hal ini untuk mengetahui sistem parkir, sehingga dapat meminimalisasi kemacetan. Selain itu, penjagaan yang tepat untuk menekan tindak kejahatan. ”Keamanan dan kenyaman menjadi prinsip kami,” jelasnya.

Dia menambahkan, tempat parkir dan lift yang akan digunakan tidak ada kendala. Namun, perizinan menyarankan melakukan perbenahan di bagian lift.

Kepala Dishub Kudus Didik Sugiharto mengatakan, izin pemakaian sudah dikeluarkan. Namun, pihaknya masih memastikan sistem parkir dan penjagaan. Tak hanya itu, pihaknya akan membuat palang pintu elektrik untuk memudahkan pengunjung.

Selain itu, penjagaan diperketat dengan harapan pengunjung yang akan parkir diarah ke lantai atas. ”Ini dilakukan agar parkir tidak semrawut,” ungkapnya.

Untuk tarif masih lama. Tarif baru menunggu perda disahkan. ”Tidak ada masalah. Hanya menunggu tarif baru diresmikan,” kata Didik.

Dia berharap parkir Pasar Kliwon segera digunakan. Dengan begitu pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas dengan nyaman. Bahkan bus pariwisata dapat memanfaatkan lahan parkir yang luas ini untuk berwisata belanja. (mal/ris)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia