Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Rembang

Temukan Rastra Berwarna Kuning

Sabtu, 13 May 2017 09:07

Temukan Rastra Berwarna Kuning

KUALITAS JELEK: Plt Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Abdullah Zawawi menemukan beras berkualitas jelek saat monitoring penyaluran rastra di Desa Sumbergirang, Kecamatan Lasem kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

 

LASEM – Tim beras sejahtera (rastra) Kabupaten Rembang menemukan beras berwarna kekuningan yang disalurkan pada keluarga penerima manfaat (KPM). Temuan tersebut, didapati saat tim melakukan monitoring penyaluran beras di Desa Sumbergirang, Kecamatan Lasem.

Monitoring yang dipimpin langsung Plt Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Abdullah Zawawi kali pertama di Kelurahan Magersari, Desa Waru. Kemudian di gudang Bulog Rembang.

Untuk mengecek kualitasnya beberapa karung beras dibuka. Ketika dilakukan sample di tiga titik hasilnya tidak ada kendala, kualitasnya cukup baik. Namun, saat tim turun di Desa Sumbergirang, Kecamatan Lasem. Hasilnya beras yang akan di salurkan KPM sangat mengecewakan. Sebab, berwarna kekuningan, sehingga tidak layak konsumsi.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Abdulah Zawawi  meminta beras yang berwarna kuning agar segera dilaporkan Bulog agar mendapatkan ganti.”Kami tegaskan ketika menjumpai kualitas rasta kurang baik. Kades segera melaporkan pada Bulog. Karena komitmen Bulog siap mengganti beras kualitas jelek, misalnya berkutu, warnanya kuning,” tegasnya.

Pihaknya pun menekankan, beras dicek terlebih dahulu, sebelum disalurkan. Hal tersebut, untuk mengantisipasi beratnya kurang. “Jadi diharapkan beras yang akan diterima benar-benar layak konsumsi dan sesuai sasaran,” ungkapnya.

Kepala Desa Sumbergirang Marjuki mengamini terkait adanya temuan beras berwarna kuning tersebut. Atas temuan tersebut pihaknya telah melapor pihak Bulog, supaya mendapat diganti beras baik. ”Keseluruhan yang kami terima, memang ada kurang baik. Nanti yang jelek akan kami kembalikan ke pihak Bulog. Sebelum disalurkan pada sekitar seribu  warga,” imbuhnya (noe/ali).

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia