Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Jepara

Kodim 0719/Jepara Peringati Isra Mikraj

Sabtu, 13 May 2017 07:00

Kodim 0719/Jepara Peringati Isra Mikraj

KHIDMAT: Kemandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf. Ahmad Basuki memberikan tausiyah dalam peringatan Isra Mikraj kemarin. ()

KOTA - Kodim 0719/Jepara memperingati Isra Mikraj di Masjid Makodim 0719/Jepara pada pukul 11.00 kemarin. Hadir dalam acara itu Dandim, Kasdim, jajaran perwira, dan anggota kodim 0719/Jepara. Juga masyarakat sekitar dan para Siswa sekolah.

Sebagai pengisi khatib, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki. Dalam tausiyahnya Ahmad Basuki menjelaskan, peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi Wassalam (SAW), diambil dari dua kata. Yaitu Isra yang berarti “perjalanan malam” dan Mikraj yang berarti “naik ke langit”.

Perjalanan malam yang dimaksud adalah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari peristiwa Isra Mikraj inilah umat Islam di seluruh dunia mengenal yang namanya salat dan diwajibkan untuk melakukan salat lima waktu dalam sehari semalam.

”Peristiwa Isra Mikraj  terjadi pada 621 Masehi. Tepatnya pada 27 Rajab (tiga tahun sebelum hijrah). Nabi Muhammad SAW waktu itu sudah berumur 51 tahun,” jelasnya.

Peristiwa Isra Mikraj, lanjutnya, terjadi saat tengah malam hingga subuh waktu Makah. Peristiwa ini terjadi karena Nabi Muhammad SAW yang sedang dalam keadaan duka. 

”Beliau (Nabi Muhammad, Red) telah ditinggal mati oleh dua orang yang dia cintai yaitu Khadijah sang istri dan Abu Thalib sang paman. Saat itu, Nabi Muhammad SAW mengalami duka yang sangat dalam,” jelasnya.

Sehingga untuk menghibur Rasuluallah, Allah SWT mengajak Nabi Muhammad SAW ke suatu perjalanan hingga sampai ke Sidrotulmuntaha untuk bertemu dengan-Nya.

Ia menjelaskan, awal Peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, dimulai pada 27 Rajab. Saat itu Allah SWT mengutus Malaikat Jibril A.S. ”Untuk pergi ke Surga dan mengambil buraq. Setelah itu Malaikat Jibril A.S diutus untuk pergi ke tempat Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Nabi Muhammad tiba-tiba terbangun dari tidurnya, lanjutnya, karena mendengar suara. Saat beliau terbangun di hadapan-Nya sudah berdiri tiga orang laki-laki yang rupanya adalah malaikat Jibril dan malaikat Mikail, serta seorang malaikat lain.

Ahmad Basuki menjelaskan, dengan adanya peringatan Isra Mi Raj ini diharapkan para anggota dapat meningkatkan lagi ketaqwaan dan ke-imanan kita kepada Allah SWT. ”Diharapkan dengan itu, kita harus dapat memetik Isi dari Isra Mikraj tersebut. Sehingga bisa memupuk rasa iklas dan sabar dalam menghadapi cobaan dan tugas kita kedepan,” tegasnya. (zen)

 

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia