Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Jepara

Seribu Tanaman Jadi Pagar RS Graha

Rabu, 10 May 2017 08:00

Seribu Tanaman Jadi Pagar RS Graha

JAGA KEBERSIHAN UDARA: Ruang Yudistira dan ICU RS Graha Husada dipasang tanaman vertikal. Dalam waktu dekat jumlah tanaman diperbanyak. (MIFTAHUL ARIFIN/RADAR KUDUS/JAWAPOS.COM)

KOTA - Rumah sakit Graha Husada Jepara berencana membuat lingkungan rumah sakit asri dan bersih. Rencana itu diwujudkan dengan pembuatan pagar menggunakan tanaman vertikal dengan aneka ragam tanaman.

Satu lokasi sudah terpasang tanaman vertikal di depan Ruang Yudistira dan Ruang ICU. Sekitar seribu tanaman dibuat memanjang layaknya pagar. Dalam waktu dekat, lokasi taman juga akan dihiasi dengan tanaman serupa.

Pemilik Rumah Sakit Graha Husada Dr. Hapsari mengatakan, tanaman vertikal itu bagian dari penghijauan rumah sakit Graha Husada. Pihaknya ingin rumah sakit semakin terlihat cantik dan tidak terkesan layaknya rumah sakit. Tujuannnya, agar pasien merasa nyaman.

”Beragam tanaman yang kami pasang satu diantaranya bisa membersihkan udara. Kami ingin menghilangkan kesan bahwa rumah sakit adal penjara. Kami ingin pasien yang datang merasa nyaman dan bisa menghirup udara sehat,” katanya.

Humas RS Graha Husada Dwi Wahyuni menjelaskan, penanaman sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Saat ini masih satu baris atau satu muka. Tanaman akan ditambah jadi dua muka. Jika tanaman sudah besar nantinya akan membentuk seperti tembok.

Jenis tanaman ada tujuh macam. Yakni, Miana atau Coleus Hybrid, Spider Plant, Tanama Hias Gantung Daun, Krokot Hijau, Baby Sun Rose, dan Calafka. Tanaman itu memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Di antaranya, untuk membersihakan udara.

”Misalnya Spider Plant. Tanaman ini merupakan tanaman hias indoor yang berasal dari Afrika. Spider plan termasuk tanaman hias pembersih udara,” karanya. (pin/zen)

 

 

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia