Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Kudus

Dishub Pasang Parkir Elektronik Bulan Ini

Diawali di Pasar Baru dan Kliwon

Kamis, 04 May 2017 06:00

Dishub Pasang Parkir Elektronik Bulan Ini

BAKAL OTOMATIS: Kondisi jalan masuk ke gedung parkir Pasar Kliwon baru-baru ini. Gedung ini bakal dipasang alat parkir elektronik untuk memaksimalkan retribusi. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

KUDUS – Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus terus berupaya menggali retribusi parkir. Sebab, target retribusi ini terus mengalami kenaikan. Salah satunya dengan mengoptimalkan parkir khusus di pasar. Salah satu yang akan menjadi percontohan, yakni Pasar Baru dan Pasar Kliwon.

Kepala Dishub Kudus Didik Sugiharto melalui Kepala UPT Parkir Istiyanto mengatakan, pemasangan alat parkir elektronik memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan retribusi. ”Portal elektronik juga sudah kami siapkan,” katanya kemarin.

Dua unit portal parkir elektronik akan dipasang di Pasar Baru untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat ke atas. Pemasangan alat parkir elektronik ini, dijadikan percontohan, karena rencana ke depan semua pasar di Kudus akan dipasangi.

Untuk pemasangan, pihaknya masih menunggu teknisi. Selain itu, juga untuk melatih juru parkir yang nantinya ditugaskan untuk mengatur parkir elektronik tersebut. ”Ada 15 orang yang akan dilatih,” katanya.

Untuk juru parkir memang lebih banyak, karena mereka bekerja dua shift, mengingat Pasar Baru bisa dikatakan pasar yang beroperasi 24 jam. Harapannya, pemasangan tersebut bisa segera dilakukan dan bulan ini bisa beroperasi. ”Jalan masuk dan keluar pasar akan kami atur, agar lalu lintas lancar,” terangnya.

Untuk retribusi yang dihasilkan dari pemasangan parkir elektronik ini, pihaknya belum bisa memberi data pasti. Namun, tentu diperkirakan bias lebih baik, karena potensi hilangnya retribusi bisa diminimalisasi. ”Kami baru bisa menghitung ketika nanti sudah diuji coba,” ungkapnya.

Setelah pemasangan alat parkir elektronik di Pasar Baru, selanjutnya akan diadakan pemasangan di Pasar Kliwon. Untuk Pasar Kliwon, penataannya dinilai lebih mudah, karena ada gedung parkir khusus yang sudah dibuat.

Kemungkinan untuk parkir bagian bawah akan digunakan untuk kendaraan bermotor. Sedangkan bagian atas untuk kendaraan roda empat atau lebih. Sementara untuk pasar lain, juga akan dipasangi, namun akan dilakukan secara bertahap.

Dengan pemasangan alat parkir elektronik ini, harapannya retribusi parkir bisa mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Apalagi target retribusi juga bertambah. ”Harapannya bisa mencapai target retribusi, sehingga bisa menyumbang PAD (pendapatan asli daerah) yang lebih besar. Agar bisa digunakan untuk pembangunan di Kudus,” imbuhnya. (lis/lin)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia