Jumat, 19 Jan 2018
radarkudus
Rembang

Gelar Aksi di Depan Istana dan Monas

Kamis, 16 Mar 2017 09:00

Gelar Aksi di Depan Istana dan Monas

 

BULU – Ratusan warga yang mengatasnamanakan Laskar Brotoseno melakukan aksi damai untuk mendukung beroperasinya pabrik PT Semen Indonesia (SI) di Rembang. Mereka menggelar aksi di dua tempat vital di Jakarta, yakni depan Istana Negara dan Monas.

Mereka berangkat dari Desa Kadiwono, Bulu, pada Selasa (14/3) sekitar pukul 17.30 petang. Ratusan warga itu berangkat menggunakan dua unit bus dan beberapa peralatan aksi. Seperti, pengeras suara dan poster bertuliskan dukungan terhadap PT SI.

Ratusan warga yang berangkat merupakan gabungan dari pekerja di pabrik semen dan warga ring-1 yang meliputi beberapa desa. Diantaranya, Desa Tegaldowo, Timbrangan, Kajar dan Pasucen di Kecamatan Gunem. Desa Kadiwono, Bulu dan Desa Ngampel, Blora.

”Dari pekerja ada sekitar 80 orang. Kalau masyarakat perwakilan satu desa sekitar sepuluh orang,” ungkap Waid selaku koordinator aksi.

Sesampainya di Jakarta pada Rabu (15/3) pagi, mereka kemudian menggelar aksi damai di dua tempat. Yakni, di depan Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas). Waid mengaku sempat bertemu dengan warga kontra yang juga menggelar aksi di depan Istana Negara.

Meskipun mereka berbeda pendapat, namun kondisi saat itu tetap kondusif. Tak ada gesekan antara kedua kubu. Warga yang pro dengan semen melakukan orasi dengan lancar tanpa ada gangguan. ”Sempat ketemu, kita baik-baik saja kok. Kita ini kan saudara semua,” imbuhnya.

Mereka menyampaiakan orasi agar pemerintah mendukung beroperasinya pabrik semen di Kabupaten Rembang. Waid mengaku tak ada perwakilan dari istana yang menemuinya saat melakukan orasi. Mereka juga tak melakukan aksi lain seperti long march di Jakarta.

”Tidak ada yang menemui, tujuan kami memang hanya menyampaikan orasi dan aspirasi saja. Agar pemerintah mendukung operasional semen di Rembang,” jelas warga Desa Timbrangan, Gunem, ini. (lid/ali)

 

 

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia