Kamis, 23 Nov 2017
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Polisi Sita Belasan Miras Tak Berizin

Kamis, 14 Sep 2017 17:57 | editor : Adi Nugroho

BARANG BUKTI: Miras yang berhasil disita dari Polsek Grogol.

BARANG BUKTI: Miras yang berhasil disita dari Polsek Grogol. (YAYI FATEKA - RadarKediri/JawaPos.com)

KEDIRI KOTA - Petugas kembali menyita minuman keras (miras) tak berizin dari beberapa penjual. Miras-miras tersebut diamankan Selasa (13/9) dari berbagai tempat di wilayah hukum Kota Kediri.

Kasubaghumas Polres Kediri Kota AKP Kamsudi mengatakan, jumlah keseluruhan miras yang diamankan hari itu ada belasan botol miras.

“Total ada 14 botol miras berbagai merek,” terang Kamsudi.  Hal ini bermula dari informasi warga masyarakat kepada petugas, yang resah akan keberadaan miras di tempat-tempat tersebut. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti petugas dengan berpatroli ke tempat-tempat yang diduga menyediakan miras.

Sekitar pukul 12.30 WIB petugas Polsek Mojo mengamankan satu liter arak jowo (arjo) dari kediaman Sutarno, 44, warga Kelurahaan Dermo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Satu liter arjo tersebut ia kemas dalam dua buah botol bekas air mineral yang berukuran masing-masing 0,5 lliter.

Kemudian sekitar pukul 14.30 WIB petugas Polsek Banyakan juga  mengamankaan total tujuh botol miras tak berizin. Ketujuh botol miras tersebut diamankan dari Sunarno, 40, warga Dusun Manyarejo, Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Rinciannya, lima botol di antaranya adalah miras merek Kuntul, sedangkan dua botol lainnya adalah miras merek Anggur Merah 500. “Menurut keterangan pelaku, ia biasanya menjual botolan maupun eceran,” tambah Kamsudi.

Sekitar pukul 22.00 WIB di hari yang sama, petugas Polsek Kota juga mengamankan miras. Dua botol miras merek Kuntul diamankan dari Kusmiati, 40, warga Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Miras tersebut disimpan di bawah meja warung miliknya.

Pada pukul 22.30 WIB petugas juga mengamankan satu botol kuntul dan satu botol miras anggur merah di Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Miras tersebut adalah milik Yosefa, 35. “Miras-miras tersebut dimankan di Mapolsek Kota,” ungkap Kamsudi.

Sehari sebelumnya, petugas Polsek Grogol juga mengamankan empat botol miras jenis vodca mansion dari Purwanto, 28, warga Desa/Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Selain mengamankan miras petugas juga memberi pemahaman terhadap pelaku agar tak menjual miras lagi. Karena perbuatan tersebut jelas melanggar peraturan daerah (perda) tentang larangan menjual miras tak berizin. Para pelaku kemudian diwajibkan mengikuti persidangan tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Kediri Kota.

(rk/yi/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia