Senin, 11 Dec 2017
radarjogja
icon featured
Sportainment

Federasi Panjat Tebing Indonesia Agendakan Training Camp di Rusia

Selasa, 07 Nov 2017 15:21 | editor : Jihad Rokhadi

Federasi Panjat Tebing Indonesia Agendakan Training Camp di Rusia

 Pengurus Pusat (PP) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) terus mempersiapkan atletnya untuk proyeksi turun di Asean Games 2018 mendatang. Salah satunya mengagendakan training camp (TC) di Rusia. TC direncanakan selama satu bulan penuh mulai awal Desember mendatang. “Kami mengajukan training camp di Rusia. Memang kami ingin full selama satu bulan, mulai awal sampai akhir,” ujar Kabid Binpres PP FPTI Caly Setyawan kemarin (6/11).

Menurut Caly, jika disetujui kemungkinan atlet yang diberangkatkan sebanyak 15 orang. Hal itu merujuk pada jumlah atlet yang mendapat SK dari Satlak Prima beberapa waktu lalu. Jumlah tersebut tetap menjadi acuan meskipun Satlak Prima telah dibubarkan.

TC diperlukan guna mematangkan persiapan tim menghadapi Asian Games 2018. Terlebih rencananya ada perubahan nomor yang akan ditandingkan. Dari semula delapan nomor menjadi hanya enam nomor. Itu pun, dua di antaranya adalah nomor baru. “Belum secara resmi tapi informasi sudah akan diterapkan enam nomor. Kami masih menunggu pernyataan resmi soal ini,” bebernya.

Dengan adanya perubahan nomor yang ditandingkan, lanjut Caly, secara otomatis akan berpengaruh pada proses penyusunan tim. Sebab, selama ini tim disusun untuk bertanding di delapan nomor. “Ketika nanti mempertandingkan enam nomor, itu pun dua di antaranya adalah nomor baru. Nomor olympic, nomor combine format. Belum pernah dipertandingkan. Nah itu yang masih harus kami pikirkan seperti apa,” jelasnya.

Dia menambahkan dua nomor yang baru merupakan nomor baru dengan format kombinasi, antara lead, boulder, dan speed.

“Jadi nanti satu atlet akan bertanding di tiga nomor itu, lead, boulder, dan speed. Sistem penilaiannya seperti apa, jami juga belum tahu,” tuturnya. 

(rj/riz/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia