Senin, 11 Dec 2017
radarjogja
icon featured
Kulonprogo

Pantang Pindah di Bulan Sura

Senin, 25 Sep 2017 12:50 | editor : Jihad Rokhadi

Pantang Pindah di Bulan Sura

Surat Peringatan (SP) 3 dari Angkasa Pura (AP) I yang berisi perintah pengosongan lahan New Yogyakarta International Airport (NYIA) ditolak sebagian warga Pedukuhan Kragon II, Desa Palihan. Mereka menolak pindah karena rumah di lahan relokasi belum selesai dibangun.

Kepala Dusun Kragon II, Wiharto menyatakan petugas dari PT AP I sudah mendatangi warga dan memberikan SP 3, Rabu (20/9). Teknis penyampaian SP III 3 ini berbeda dibandingkan SP 1 dan SP 2 yang diserahkan AP I melalui kepala dusun.
“Saya tidak berani membagikan surat itu lagi. Dan saya persilakan petugas AP I untuk menyampaikannya sendiri kepada warga,” kata Wiharto.

Dijelaskan, warga keberatan jika pindah bulan Sura yang dinilai sakral dan pantangan bagi masyarakat Jawa untuk pindah rumah. “Tradisi Jawa dan kepercayaan seperti itu masih sangat kuat di masyarakat, di tempat saya belum ada yang pindah sama sekali, mereka menunggu rumah di relokasi siap semua,” jelas Wiharto.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan Pemkab sudah mendiskusikan SP bersama AP I. Hasto bahkan menyatakan dirinya bertanggung jawab atas warga yang belum pindah itu. Dia memastikan warga tidak akan menganggu pembangunan bandara.

“SP 3 itu kan peringatan. Jika hari ini (kemarin) belum pindah berarti sudah terlambat. Memang harus cepat-cepat, bulan Sura ini ngebut. Di akhir Bulan Sura bedol desa. Tapi itu khusus non-magersari, kalau yang magersari butuh waktu dua bulan,” kata Hasto. 

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia