Selasa, 12 Dec 2017
radarjogja
icon featured
Pendidikan

SMA BOPKRI 1 Jogja Ciptakan Generasi Berkualitas dan Berprestasi

Kamis, 14 Sep 2017 14:51 | editor : Jihad Rokhadi

SMA BOPKRI 1 Jogja Ciptakan Generasi Berkualitas dan Berprestasi

Jogja-Berbekal sejarah panjang, SMA BOPKRI 1 Jogja atau yang dikenal dengan SMA BOSA siap menjadikan peserta didik menuju masa depan yang lebih baik. Satu tahun setelah Kemerdekaan RI, SMA yang berada di bawah naungan Yayasan BOPKRI ini berdiri, tepatnya tanggal 1 Agustus 1946. Sejak itulah, SMA BOSA menjadi salah satu kawah candra dimuka tempat generasi muda menuntut ilmu dan digembleng menjadi generasi penerus yang berkualitas serta berprestasi.

Beragam prestasi pun juga ditorehkan oleh siswa siswi SMA BOSA, diantaranya dari berbagai cabang seperti basket, taekwondo, wushu, renang, dance, new anchor, komik strip, ilmiah dan teknologi, jurnalistik, serta paduan suara. Berbagai penghargaan dan medali pun juga disabet oleh para siswa berprestasi dari SMA BOSA.

Berbasis IT, Buat Generasi Melek Literasi

Tidak salah jika Jogja mendapat julukan sebagai Kota Pelajar. Karena di kota inilah generasi muda dari berbagai penjuru Tanah Air berkumpul untuk menuntut ilmu. Dan Jogja kecil itu bisa dilihat di SMA BOPKRI 1 Jogja atau yang dikenal dengan sebutan SMA BOSA.

Kepala Sekolah SMA BOSA Drs Andar Rujito MH mengatakan, setiap ruangan kelas dan ruang-ruang lainnya yang menjadi penunjang pembelajaran seudah terpasang LCD. Selain itu, hampir di semua sudut ruang telah dipasang Access Point, sehingga peserta didik dapat leluasa mengakses internet guna menunjang pengembangan pembelajaran.

Untuk mengambangkan wawasan siswa dalam kancah pendidikan internasional, SMA BOSA sudah menjalin kerjasama (MoU) dengan Sondervick College dalam program pertukaran pelajar internasional di Belanda.

“Ini sebagai langkah kami untuk menelurkan generasi pemimpin. Pemimpin yang berprestasi, tau bagaimana bekerja dan melindungi semua orang yang dipimpinnya,” ujar Kepala Sekolah SMA BOSA Drs Andar Rujito MH.

Dari tahun ke tahun, SMA BOSA terus meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Dengan begitu, sekolah bisa menjadi tempat semua aktivitas anak untuk berprestasi, baik akademik maupun non akademik.

Salah satunya dengan mengembangkan sport hall, yang pada kenyataannya tidak hanya digunakan untuk aktivitas berolahraga saja, namun juga ruang berekspresi para siswa. Dengan luasan sekitar 75 meter kali 25 meter ini, sport hall dibangun indoor sejak tahun 2016 dan saat ini sudah masuk tahap finishing. Pada 15 Juli 2017 lalau, sarana tersebut telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Pembangunan tahap kedua yang sedang dalam proses yakni, gedung dengan empat lantai, yang nantinya akan menjadi pusat aktivitas siswa untuk mengembangka diri. Lantai satu untuk student activity, lantai dua akan menjadi perpustakaan, lantai tiga sebagai ruang meeting dan lantai paling atas akan dimanfaatkan sebagai student centre.

“Perpustakaan ini merupakan sumbangan dari pemerintah melalui Kemendikbud. Untuk itu kami tidak ingin main-main untuk membiasakan anak-anak dengan literasi,”ujar pria yang dipercaya untuk mengampu SMA BOSA sejak tahun 2011 ini.

Dikatakan, perpustakaan sebagai jantung dan nyawanya lembaga pendidikan. Untuk itu, perpustakaan tersebut akan diisi dengan sekian banyak buku bacaan, tidak hanya untuk siswa, namun juga guru dan karyawan. Namun, dengan kenyamanan yang membuat para siswa tidak merasa bosan dan takut untuk masuk.

“Kami setting perpus ini bukan hanya perpus standar, tetapi perpus yang nanti ada nilai plus, termasuk dengan e-library-nya. Dibuat menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan siswa, yang saat ini eranya virtual. Ya, arahnya kesana,” ujar Andar.

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia