Minggu, 24 Sep 2017
radarjogja
Jogja

Miss Earth Indonesia 2017 Terpukau

Rabu, 13 Sep 2017 16:22 | editor : Jihad Rokhadi

Miss Earth Indonesia 2017 Michelle Victoria Arliani terpukau dengan kearifan lokal Jogjakarta. Dalam berbagai kesempatan Michelle selalu berusaha mengamati dari dekat segala unsur yang ada di Jogjakarta. Khususnya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal itu bukan tanpa alasan. Mahasiswi Fakultas Hukum Universita Gadjah Mada itu bahkan siap mengusung filosofi Keraton Jogjakarta dalam kontestasi Miss Earth di Filipina pada November mendatang.

Menurut Michelle, filosofi Hamemayu Hayuning Bawana mengandung makna memperindah kecantikan dunia. Untuk itu Michelle berencana menampaikan pesan moral itu kepada dunia. “Sudah menjadi tugas saya menyebarkan pesan baik itu. Sekaligus mempromosikan kepedulian terhadap lingkungan hidup,” ujarnya kemarin (12/9).

Untuk berkompetisi di ajang internasional itu Michelle mengaku mendapat dukungan penuh dari pihak Keraton Jogjakarta. Dukungan itu diberikan dalam bentuk penyiapan tim perancang busana dan perhiasan bertema kepedulian lingkungan hidup berbahan batik hingga barang-barang bekas daur ulang. Rencananya, busana itu akan menjadi salah satu yang dikenakannya saat berkompetisi dengan Miss Earth dari berbagai negara.

Dikatakan, Miss Earth memang beda dengan ajang adu kecantikan dunia lainnya seperti Miss Universe, Miss World, atau Miss International yang lebih mempromosikan ide-ide barat. “Ajang Miss Earth 2017 justru mengusung keluhuran budaya Nusantara,” ucapnya.

Sementara kerabat Keraton Jogjakarta KPH Wironegoro mengatakan, busana yang akan dikenakan Michelle di Filipina salah satunya bernuansa putih ,soft pink, dan soft green  dengan ornamen bunga- bunga dan burung. Konsep busana tersebut sesuai filosofi keraton lainnya yang bermakna “ajining diri saka lathi,ajining raga saka busana”. Artinya, busana sebagai representasi kepribadian mulia, sekaligus media untuk menyampaikan pesan-pesan luhur. “Busana merupakan ungkapan doa yang lahir dari batin suci,” jelasnya.

Tak hanya indah, busana yang akan dikenakan Michelle juga penuh makna. Mencakup kehidupan pribadi manusia, bangsa, dan dunia, serta akhirat yang bersifat langgeng.

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia