Sabtu, 25 Nov 2017
radarjogja
icon featured
Sleman

Sleman Gaet Minat Wisata Alam

Senin, 11 Sep 2017 16:12 | editor : Jihad Rokhadi

Sleman Gaet Minat Wisata Alam

Bupati Sleman Sri Purnomo mendorong wisata alam di Sleman terus berkembang. Berdasar data Dinas Pariwisata Sleman, minat wisata alam berada pada urutan kedua dengan mampu menarik 1.309.336 wisatawan.

Pengemasan dalam sebuah jelajah wisata, baginya sangat tepat. Mampu menarik wisatawan yang memiliki minat olahraga dan alam. Cara ini juga ampuh untuk mendekatkan potensi alam di Sleman dengan wisatawan.

“Seperti sekarang, Jelajah Wisata di Turgo ini mampu menarik minat wisatawan. Menikmati keindahan alam, dikemas dengan jalan santai menyusuri trek alam,” ujarnya di hadapan ribuan peserta Jelajah Wisata 2017 di Purwobinangun Pakem, kemarin (10/9).

SP, sapaannya, meminta agar stakeholder terkait terus gumregah. Pengemasan wisata tidak harus terkesan konvensional. Kolaborasi dengan bidang lain justru dianggap lebih manjur. Seperti pengemasan wisata dalam wujud olahraga.

“Bisa tracking wisata, sepeda gunung, offroad dengan motor maupun mobil atau konsep olahraga lainnya. Selain lebih menarik juga bisa menjaring wisatawan baru. Awalnya peminat olahraga jadi tertarik dengan potensi spot wisatanya,” katanya.

Meski begitu ia meminta wisatawan menjaga kelestarian alam. Cara paling tepat untuk menikmati alam dengan dilihat atau diabadikan melalui kamera. Ia melarang wisatawan memetik flora atau merusak ekosistem alami di lereng Merapi.

Pernyataan SP didukung Kasi Wilayah I Taman Nasional Gunungapi Merapi (TNGM) Nurpana Sulaksono. Ia menjelaskan lereng Merapi masih asri dan alami. Meski begitu bisa rusak apabila masyarakat kurang peduli.

“Kawasan Merapi kaya akan flora dan fauna, sehingga harus dilindungi. Merapi menjadi rumah bagi ribuan jenis tanaman anggrek alam, masih ditambah dengan bambu khas Merapi. Belum lagi potensi faunanya yang beragam,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudariningsih mengungkapkan minat berkunjung ke Sleman meningkat setiap tahun. Beragam potensi dan objek wisata dapat menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan turut ada pergeseran minat, di mana Tebing Breksi muncul sebagai idola baru.

Hingga 31 Agustus, total ada 5.326.985 wisatawan yang berkunjung ke Sleman. Rinciannya, 261.533 wisatawan mancanegara, sementara sisanya nusantara. Minat wisata alam, lanjutnya, meraup 24,58 persen dari total kunjungan.

“Posisi pertama tetap kunjungan ke candi sebesar 42,61 persen. Untuk target tahun ini 6 juta kunjungan optimistis tercapai. Berdasar data per 31 Agustus sudah mencapai 88,78 persen dari target,” jelasnya. 

(rj/dwi/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia