Senin, 25 Sep 2017
radarjogja
Pendidikan

1.000 Maba Universitas Janabadra Ikuti Kuliah Umum

Kamis, 07 Sep 2017 13:36 | editor : Jihad Rokhadi

DI KAMPUS KEBANGSAAN: Kuliah umum dengan narasumber Kepala Pusat Studi Energi UGM Dr Deendarlianto, ST, M.Eng yang diikuti 1.000 mahasiswa baru UJB.(UJB for Radar Jogja)

DI KAMPUS KEBANGSAAN: Kuliah umum dengan narasumber Kepala Pusat Studi Energi UGM Dr Deendarlianto, ST, M.Eng yang diikuti 1.000 mahasiswa baru UJB.(UJB for Radar Jogja)

Lebih dari 1.000 mahasiswa baru (maba) Universitas Janabadra (UJB) Jogjakarta mengikuti kuliah umum di Kampus Kebangsaan, Senin (4/9). Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium KPH Purwokusumo ini dibuka oleh Rektor Ir Cungki Kusdarjito, MP, PhD.

Kuliah umum mengangkat tema “Tata Kelola Sektor Energi di Indonesia”. Narasumbernya Kepala Pusat Studi Energi UGM Dr Deendarlianto, ST, M.Eng, dengan moderator Dr Mochamad Syamsiro Eng (dosen tetap Teknik Mesin UJB).
“Potensi besar dimiliki Indonesia untuk energi baru dan terbarukan (EBT), mulai geothermal, solar, biomass, hidro, wind, liquefaction coal dan masih banyak lagi,” ungkap Dr Deendarlianto di hadapan mahasiswa baru.

UJB mengangkat tema soal tata kelola sektor energi di Indonesia dalam kuliah umum kali ini, seiring upaya strategis mendorong energi terbarukan di Indonesia. Penggalakan kampanye hemat energi dan konservasi EBT juga masih dilakukan.
Indonesia harus sudah memulai menerapkan energi terbarukan untuk pengembangan energi ke depan. Hal ini sangat sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Oleh karena itu investasi sangat penting dalam memulai pemanfaatan energi terbarukan.

Mahasiswa baik dari program studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika maupun program studi Ilmu Hukum, Ekonomi Managemen, Akutansi, Studi Pembangunan bahkan Agrotek, dapat mengkaji EBT. Baik dari sisi keteknikan, regulasi, perizinan hingga penggalakan energi dan konservasi lingkungan.

“Diharapkan dengan paparan dari kuliah ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang penggunaan EBT secara bijak dan benar,” kata Deendarlianto. 

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia