Senin, 25 Sep 2017
radarjogja
Zetizen

Bosa Pertahankan Gelar Champion Honda DBL D.I.Jogjakarta Series 2017

Senin, 14 Aug 2017 13:11 | editor : Jihad Rokhadi

JOGJA - Tim Basket putra SMA Bopkri 1 Jogja (Bosa) berhasil mempertahankan gelar champion Honda DBL D.I.Jogjakarta Series 2017 di GOR UNY tadi malam. Raihan Bosa tersebut setelah mengandaskan perlawanan SMA Budi Mulia Dua Jogja (BMD) 59-38.

Laga final party Bosa melawan BMD berlangsung panas. Disaksikan lebih dari sebelas ribu penonton, Bosa membuktikan mental juaranya dengan meredam permainan BMD.
Pupus angan-angan BMD mencetak sejarah sebagai champion pada penyelenggaraan Honda DBL kali kesepuluh di Jogjakarta.

BMD harus puas sebagai runner-up, dengan perjuangan panjang mereka mencapai partai puncak yang patut diacungi jempol.
Sama-sama berpola permainan cepat, dua tim adu skill di kuarter awal. Kejar mengejar skor tak dapat dihindari. Melalui free throw, dua tim mulai mengumpulkan poin.

Adu drive dan fast break membuat pertandingan semakin alot. Apalagi dua tim cukup rapi mengamankan defense zone-nya. Kuarter pertama ditutup dengan selisih setengah bola, Bosa unggul 11-10.

Masuk kuarter kedua, Felix Fugiarto dkk mencoba melakukan tekanan. Dan berhasil. Strategi dengan menurunkan big man membuat Bosa mendominasi permainan di kuarter kedua.

Ditambah dengan menurunnya kualitas defense BMD, Bosa dapat mencetak 22 poin di kuarter kedua. Meski mencoba mengejar, BMD hanya mampu menambah 10 poin.

Pada kuarter ketiga, Faza Firdausi dkk bangkit. Offense mereka semakin gencar di antara defense Bosa yang banyak celah. BMD mampu memperkecil ketertinggalan hingga selisih hanya 5 poin di akhir kuarter ketiga.

Namun, mental jawara tahun lalu masih mendominasi. Mereka kembali memperlihatkan taringnya di kuarter penutup. Sebaliknya, BMD justru semakin tertekan, beberapa peluang poin terbuang. Bosa mampu memanfaatkan poin dari turn over BMD.

Coach Bosa Yusuf H mengatakan kemenangan ini merupakan kado terindah dari hasil persiapan dan perjuangan panjang Hriscahyo Yoel Agviandi dkk. "Semangat juang anak-anak luar biasa untuk mempertahankan gelar juara," ujarnya usai selebrasi.

Dia bangga bisa mengantar kembali Bosa menjadi champion Honda DBL dan menggenapi koleksi menjadi empat kali, setara dengan SMA Kolese John De Britto yang selama ini menjadi pemegang champion terbanyak.
"Ini juga kenang-kenangan semua pemain, karena tahun depan mereka sudah harus regenerasi," ujarnya.

Bagi Coach Yusuf, banyak PR yang harus dipersiapkan untuk kembali berlaga tahun depan. Apalagi dengan menyandang empat kali champion. "PR banyak sekali dengan pemain-pemain baru," ujarnya.

Sementara itu, Coach BMD Dewanta Aji memberikan apresiasi tinggi kepada anak-anak asuhnya yang sudah memberikan permainan dan perlawanan terbaik. Faktor kelelahan mental di kuarter penutup diakui jadi kendala besar bagi timnya untuk mengejar ketertinggalan.

"Tahun depan kami harus bekerja keras lebih ekstra lagi," ujarnya.

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia