Minggu, 24 Sep 2017
radarjogja
Magelang

KSAD Tutup Pendidikan Sermatutar di Akmil

Sabtu, 15 Jul 2017 14:08 | editor : Jihad Rokhadi

MAGELANG – Pemimpin yang memiliki integritas adalah pemimpin yang konsisten antara perkataan dan perbuatannya. Sehingga senantiasa menjadi sumber inspirasi dan suri teladan bagi anak buah.

“Sedangkan pemimpin yang berkarakter adalah pemimpin yang memiliki kredibilitas, kejujuran, kebijaksanaan, dan pengorbanan. Selain itu   selalu mengutamakan kepentingan negara di atas segalanya,” ujar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono saat Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna Akmil Tingkat IV/Sermatutar TP 2016/2017 di Gedung Moh Lily Rochi, Akademi Militer (Akmil) Magelang, kemarin (14/7).

Mulyono mengatakan, berakhirnya masa pendidikan di Akmil pada hakekatnya merupakan awal dari rangkaian panjang. Yaitu berupa penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai perwira TNI AD profesional.

“Prestasi akademik yang dicapai di Akmil belum menjadi jaminan akan memiliki prestasi dan keberhasilan yang sama di medan penugasan nanti,” jelasnya.

Keberhasilan lebih ditentukan tekad dan integritas yang kuat. Serta kemampuan untuk mampu beradaptasi terhadap dinamika lingkungan penugasan yang sangat dinamis dan bervariasi.

Sebagai prajurit, harus memegang teguh prinsip bahwa lulusan Akmil bukanlah akademisi yang dipersenjatai. “Tetapi prajurit profesional yang dibekali kemampuan akademis,” tegas mantan Pangkostrad ini.

Pada kesempatan ini ada 224 taruna/taruni yang diwisuda, terdiri atas 208 taruna dan 16 taruni, 47 taruna/taruni  di antaranya dinyatakan cum laude. Dari 47 taruna/taruni yang cum laude, terdiri atas 37 taruna dan 10 taruni.

Penghargaan tertinggi Adhi Makayasa diraih Sermatutar Wiraswanril Sagala, sedangkan penghargaan Anindya Wiratama disabet Sermatutar Eka Indri Widarti.

“Pahami secara benar semua persoalan yang dihadapi seluruh anggota. Jadilah pemimpin yang selalu berada di tengah anak buah, karena itulah hakikat utama face to face leadership,” kata Mulyono.

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia