Senin, 22 Jan 2018
radarjogja
Magelang

DOR! DOR !.. Wakapolres Keluarkan Tembakan

Kamis, 16 Mar 2017 15:11

DOR! DOR !.. Wakapolres Keluarkan Tembakan

(Jeremia Eka/Radar Jogja)

RADARJOGJA.CO.ID - MUNGKID- Tindakan tegas ditempuh Polres Magelang dan Pemkab Magelang kepada para penambang illegal yang masih ngeyel di lokasi penambangan di Bebeng, Srumbung. Bukti tindakan tegas itu adalah dengan menggelar giat operasi kemarin pagi (15/3).

Operasi dipimpin langsung Kapolres Magelang AKBP Hindarsono dan jajarannya. Nampak pula Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto. Kapolres Magelang tampak sangat geram dengan tindakan penambang yang tetap melakukan aktivitas penambangan.

Tembakan peringatan pun dikeluarkan agar para penambang menghentikan aktivitasnya. Wakapolres pun memberikan tembakan peringatan diikuti yang lain. Akhirnya seluruh kegiatan penambangan yang berada di tebing pun dihentikan. Penambangan manual ini sangat membahayakan.

Kapolres mengatakan, penambangan sampai ke tebing-tebing ini sudah sangat keterlaluan. Makanya kami ambil tindakan kepada pada penambang manual atau pun alat berat. “Apabila ada menyalahi aturan walaupun sudah memiliki izin penambangan akan kami tindak tegas,’’tegasnya.

Sejumlah alat berat dan alat penambangan disita. Satu di antaranya backhoe yang diguanakan untuk melakukan pengerukan di tebing. Selain itu juga enam unit truk pasir, serta mengamankan sejumlah pelaku penambangan.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adi Yanto mengatakan, sejatinya kegiatan penambangan diperbolehkan. Namun, harus memenuhi syarat dan menaati peraturan.”Ke depan apabila masih melakukan kegiatan dengan mengabaikan peraturan seperti ini, izinnya akan dicabut,” jelasnya.

Tindakan tegas pihak kepolisian ini sebenarnya sudah beberapa kali dilakukan. Terlebih lagi kegiatan penambangan ini benar-benar sudah sangat membahayakan. Mereka bahkan melakukan penambangan di lokasi-lokasi berbahaya. Bahkan beberapa kali kasuh longsor dengan korban jiwa terjadi. Namun, mereka tetap melakukan aktivitas penambangan. Baik yang dilakukan secara manual maupun menggunakan alat-alat berat. Para penambang selalu kucing-kucingan dengan aparat keamanan.

Direncanakan hari ini akan di adakan rapat gabungan untuk membahas masalah tersebut.(cr2/din/ong)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia