Jumat, 27 Apr 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Rembangan Bakal Lebih Ciamik

Senin, 16 Apr 2018 20:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Wisata Rembangan,

PERTAHANKAN KARAKTER: Pemkab Jember tahun ini akan merevitalisasi wisata Rembangan agar lebih ciamik tanpa harus mengubah karakter bangunan Belanda ini. (DOKUMEN RADAR JEMBER)

Kawasan wisata Rembangan bakal berbenah. Dalam waktu dekat, salah satu tempat wisata tertua di Jember ini akan direvitalisasi menjadi lebih ciamik di beberapa lokasi. Namun, hal tersebut dipastikan tidak akan mengubah esensi bangunan asli Belanda yang menjadi ciri khas tempat wisata tersebut.

Inisiasi revitalisasi ini diperkuat melalui kunjungan Bupati Jember dr Faida MMR bersama konsultan dan dinas terkait untuk meninjau langsung kondisi Hotel dan Pemandian Rembangan, awal pekan lalu. Rencananya, tahun ini rehab akan diawali dengan renovasi front office. “Tujuannya supaya bisa jadi lebih representatif di hadapan tamu,” ujar Sugeng Riyadi, kepala TU Hotel dan Pemandian Rembangan.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengembangan sarana dan prasarana yang tersedia di kamar, serta wilayah kawasan wisata Rembangan yang lainnya. Menurut Sugeng, inisiasi revitalisasi tersebut sudah menjadi program Bupati Jember bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember. “Sudah dievaluasi sendiri oleh bupati bersama konsultannya,” lanjutnya.

Namun demikian, pihaknya memastikan revitalisasi tersebut tidak akan mengubah esensi bangunan asli yang sudah berdiri sejak zaman Belanda tersebut. Bangunan asli yang masih dipertahankan sampai saat ini terdapat pada lantai dan sebagian dinding kamar penginapan. Dengan dinding berlapis kayu jati serta susunan bebatuan, hotel tersebut nampak menyatu dengan alam. 

Rembangan adalah tempat wisata yang paling banyak digemari oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana liburan dengan menikmati alam bukit pegunungan. Dari lokasinya yang terletak di dataran tinggi, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah Jember dari ketinggian.

Di samping itu, objek wisata Rembangan juga memiliki daya tarik yang tidak kalah istimewa. Pada perjalanan menuju ke wisata Rembangan, wisatawan akan dimanjakan pemandangan-pemandangan indah dengan melewati beberapa tempat seperti peternakan sapi perah, perkebunan kopi Jember, perkebunan buah naga, dan jembatan kecil yang di bawahnya mengalir air yang sangat deras.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan kota Jember dari tempat wisata yang berada di kaki Gunung Argopuro ini. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain arena bermain, camping ground, dan kolam renang anak-anak serta dewasa.

(jr/lin/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia