Sabtu, 24 Feb 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

BRI Perkuat Sinergi Bersama Universitas Jember

Senin, 12 Feb 2018 09:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Bank Rakyat Indonesia, Universitas Jember, Radar Jember,

HADIAH KEJUTAN: Uang pembinaan bagi enam wisudawan yang lulus dengan pujian di upacara wisuda diserahkan oleh Rektor Unej, Drs Moh Hasan didampingi oleh (no 4 dari kiri) R. Sophia Alizsa dan (no.6 dari kiri) Busrul Iman (Pemimpin Wilayah BRI Malang). (Humas Unej for Radar Jember)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menunjukkan kepeduliannya kepada elemen pendidikan demi meningkatkan kualitas serta kompetensi lulusan perguruan tinggi melalui corporate social responsibility di sektor perguruan tinggi. Kali ini, BRI menggandeng Universitas Jember (Unej) yang telah bersinergi selama lebih dari 12 tahun.

Sinergi kali ini menjadi istimewa karena diserahkan langsung oleh Director of Human Capital PT BRI (Persero) Tbk, R. Sophia Alizsa yang juga alumnus Fakultas Ekonomi Unej lulusan 1983. BRI melalui Yayasan Baitu Maal (YBM) BRI memberikan beasiswa kepada 15 mahasiswa penghafal Alquran. Tak hanya itu, YBM BRI membantu Masjid Al Hikmah dengan berbagai sarana penunjang ibadah seperti perangkat pengeras suara, karpet, dan lainnya.

Menurut Sophia, YBM BRI adalah yayasan yang menghimpun zakat, infak, dan sedekah dari karyawan BRI. Zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul disalurkan melalui berbagai program tepat guna dan tepat sasaran. “Salah satunya adalah memberikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa, dan untuk Universitas Jember kami berikan kepada mahasiswa penghafal Alquran,” ujarnya.

Bank Rakyat Indonesia, Universitas Jember, Radar Jember,

CSR : Bank BRI memberikan bantuan beasiswa untuk Mahasiswa dan bantuan sarana dan prasarana Universitas Negeri Jember. (Humas Unej for Radar Jember)

Selain hadir menyerahkan beasiswa, Director of Human Capital BRI ini secara simbolis menyerahkan corporate card kepada Unej. Sophia bertekad meningkatkan kerja sama antara BRI dengan almamaternya itu. 

“Setelah saya cek di data pegawai, dari kurang lebih 130 ribu karyawan BRI ternyata hanya satu persen saja yang merupakan alumnus Universitas Jember. Saya yakin kualitas lulusan Universitas Jember sudah sejajar dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, jadi tidak ada alasan khawatir dalam bersaing,” tegasnya.

Tak hanya memberikan beasiswa, Sophia juga hadir sebagai tamu istimewa yang memberikan orasi ilmiahnya kepada mahasiswa yang diwisuda, Sabtu kemarin (10/2). Selain memberikan orasi ilmiah, pihaknya juga memberikan bantuan kepada Unej, termasuk memberikan uang pembinaan bagi enam wisudawan yang lulus dengan pujian di upacara wisuda periode kali ini.

Pemimpin Wilayah BRI Malang, Busrul Iman menuturkan, total seluruh dana CSR yang disalurkan ke Unej mencapai Rp 600 juta. Jumlah tersebut terdiri dari dana YBM senilai Rp 100 juta, CSR beasiswa senilai Rp 250 juta, serta penyaluran bantuan sarana dan prasarana senilai Rp 250 juta. 

Lebih lanjut dirinya menambahkan, BRI harus berevolusi dengan cepat untuk menghadapi perubahan yang begitu dinamis. Oleh karena itu, harus didukung dengan SDM yang berkualitas. "Melalui BRIvolution, selain menjadikan BRI  sebagai the most valuable bank in Southeast Asia atau bank yang paling berharga di Asia Tenggara, BRI juga harus menjadi home to the best talent.  Kami ingin memiliki SDM yang punya semangat tinggi, berkualitas, dan ingin BRI menjadi rumah bagi talenta terbaik bangsa ini. Harapannya, alumni Unej bisa bergabung dengan BRI,” tutur Busrul.

Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI Jember, Taufik Hidayat mengungkapkan, pihaknya melihat banyak peluang bisnis yang bisa disinergikan ke depan. Di 2018 misalnya, kala pengelolaan Universitas Jember beralih menjadi badan layanan umum (BLU) yang sistem keuangannya dikelola secara independen, BRI siap memberikan layanan perbankan yang lengkap.

“BRI mampu menyediakan sistem keuangan baik cash management hingga layanan transaksi pihak ketiga. Tak hanya itu, banyak unit bisnis yang bisa muncul dari pihak perguruan tinggi. Jika memang sama-sama memberi manfaat, BRI bisa masuk ke unit usaha mandiri tersebut,” pungkasnya.

(jr/lin/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia