Minggu, 25 Feb 2018
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Jelang Pilkada, Ada PPS Dimutasi

Minggu, 11 Feb 2018 12:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada lumajang, radar semeru, kpu lumajang,

IDENTIFIKASI: Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah SE (tengah), bersama komisioner Yusuf Adi Pamungkas (kanan) ketika menginventarisasi sekretaris PPS dan PPK bersama seorang staf di kantor KPU Lumajang usai mutasi di Pemkab Lumajang kemarin. (HAFID ASNAN/RAME)

Mutasi pejabat fungsional dan struktural di Pemkab Lumajang ternyata berdampak pada persiapan penyelenggaraan Pilkada 2018. Utamanya pada penyelenggara dari unsur Aparatur Sipil Negara (ASN). Sementara ini masih ditemukan lima sekretaris PPS yang kena pergeseran jabatan. Sedangkan untuk Sekretaris PPK yang kena mutasi masih dalam proses identifikasi.

Kondisi ini bisa menghambat tahapan penyelenggara pilkada di Kabupaten Lumajang. Sehingga KPU langsung bertindak cepat. Sejumlah PPK, PPS diminta untuk mengecek jajarannya karena khawatir terkena imbas mutasi. Hasilnya, baru satu jam mutasi selesai, sudah ditemukan laporan. 

Yusuf Adi Pamungkas STp, Divisi Logistik KPU Lumajang mengatakan sedikitnya ditemukan lima sekretaris PPS yang kena rombak (selengkapnya lihat grafis, Red). KPU menduga masih banyak dari unsur PPK dan PPS di luar Kecamatan Lumajang yang terkena mutasi. Pihaknya pun segera melakukan koordinasi dengan PPK dan PPS untuk mendeteksi siapa pejabat yang masuk sebagai unsur penyelenggara dan terimbas mutasi tersebut.

Dengan kondisi ini, Siti Mudawiyah SE, ketua KPU Lumajang menimpali pernyataan anggotanya. Dia lebih berfikir pada solusinya. Terkait sekretaris PPS maupun PPK yang terindikasi kena mutasi, pihaknya mulai dengan melakukan identifikasi. “Pertama menginventatisasi pejabat yang dimutasi,” ujarnya.

Kedua. menginformasikan pada desa atau lurah terkait dampak proses mutasi tersebut. Baru kemudian, Kades maupun lurah membuat SK baru pengangkatan sekretaris PPS yang terkena mutasi. “Setelah itu kami minta segera mengirim SK dan memberitahukan ke KPU Lumajang terkait posisi sekretaris baru,” jelasnya.

Dia pun juga mengabarkan agar siapa pun yang terkena mutasi dan masih menjadi penyelenggara untuk segera memberi tahu. Baik di tingkatan PPK maupun PPS. “Segera berkoordinasi dengan PPK dan PPS di desa atau kecamatan masing-masing,” pungkasnya. 

(jr/fid/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia