Selasa, 20 Feb 2018
radarjember
icon featured
Radar Ijen

Foto Paslon Harus Standar KPU

Minggu, 11 Feb 2018 09:45 | editor : Dzikri Abdi Setia

pilkada bondowoso, KPU Bondowoso, radar ijen,

SOSIALISASI FOTO: Ketua KPU Hairul Anam saat menjelaskan persiapan foto untuk calon yang diusung partai. Yakni tentang standar pengambilan foto untuk diserahkan KPUD. (Heru Putranto/Radar Ijen)

Sebanyak 16 partai berkumpul di acara rapat pleno terbuka yang diadakan KPUD Bondowoso di RM Orilla, Kamis malam (8/2). Selain membacakan hasil verifikasi faktual calon parpol peserta Pemilu 2019, KPUD juga memberi gambaran tentang persiapan gambar paslon dalam Pilkada 2018. 

Ketua KPUD Bondowoso Hairul Anam mengatakan, sosialisasi itu harus secepatnya diterima partai politik di Bondowoso. Sebab mereka adalah yang mengusung pasangan calon. KPUD Bondowoso meminta partai politik untuk menyiapkan foto pasangan calon dan diserahkan ke KPUD Bondowoso. “Sebab ini berkaitan untuk surat suara, bahan kampanye sampai alat peraga kampanye,” terangnya.

Dalam penjelasannya, foto yang dikirimkan nantinya adalah foto setengah badan. Spesifikasi pengambilannya diatur sedemikian rupa sesuai peraturan dari KPUD Bondowoso. Sehingga nanti KPU bisa mengolah, sebab foto ini nantinya digunakan untuk beberapa fungsi. “Jadi harus sama, kalau misalkan kemiringan 15 derajat untuk calon bupati, wakilnya juga,” paparnya.

KPUD Bondowoso memberi waktu dua hari ini untuk partai mengumpulkan foto. Sebab, akan segera ditindaklanjuti untuk dicetak. Peraturannya untuk paslon mengumpulkan foto sendiri-sendiri sesuai standarisasi.

Namun berbicara calon, Hairul mengungkapkan KPUD masih belum mengumumkan. Sebab masih akan diumumkan Senin, 12 Februari nanti. “Jadi ini sosialisasi untuk partai, untuk paslon tunggu saja 12 Februari besok,” pungkasnya. 

(jr/hud/her/ram/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia