Selasa, 20 Feb 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember Events
Sambang Sekolah 2018

Belajar Jurnalistik di MTs Negeri 2 Jember

Senin, 05 Feb 2018 06:15 | editor : Dzikri Abdi Setia

Sambang Sekolah 2018, Radar Jember, MTs Negeri 2 Jember,

MENCARI INFORMASI AKTUAL: Siswa diajak untuk menangkal hoax sekaligus melatih literasi mereka dalam bidang media melalui pelatihan jurnalistik. (Dwi Siswanto/Radar Jember)

Di era globalisasi saat ini, pendidikan anak tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu eksakta dan sosial saja, tetapi juga memiliki daya saing yang kompetitif. Oleh karena itu, banyak kompetensi lain yang harus dikuasai peserta didik agar bisa dicetak sebagai generasi penerus bangsa yang kreatif dan inovatif.

Terlebih lagi, seiring dengan adanya revisi kurikulum pendidikan, peran institusi pendidikan dituntut untuk mengembangkan pendidikan karakter secara Islami. Hal tersebut menegaskan, sejauh mana sekolah memberikan bekal kepada peserta didik untuk melakukan seluruh syariat Islam serta pembiasaan pembentukan ahlakul karimah. Tak hanya itu, institusi pendidikan juga harus bisa mengembangkan kreativitas peserta didik, sehingga memiliki kompetensi yang beragam.

Hal inilah menjadi fokus MTs Negeri 2 Jember yang telah digagas hingga saat ini. Menurut Kepala MTs Negeri 2 Jember Dra Nurul Faridha, sedianya tanpa adanya revisi kurikulum tersebut, pihaknya sudah menerapkan pembelajaran serupa. “Lembaga kita sudah melaksanakan itu (pembelajaran pendidikan karakter, Red),” tegasnya.

Fokus kedua yang menjadi penekanan MTs Negeri 2 Jember adalah pembelajaran literasi, di mana peserta didik harus memiliki bekal untuk bisa menulis dan membaca, serta berbicara kepada khalayak ramai. Oleh karena itu, dirinya bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Jember menggelar program Sambang Sekolah 2018 sekaligus pelatihan jurnalistik menjadi wartawan cilik kepada peserta didiknya.

“Jawa Pos Radar Jember sebagai media cetak terbesar di Jember, karena itu kita bersinergi untuk mengimplementasikan kurikulum ini dengan tema pembelajaran literasi. Kita mengajak anak-anak untuk mengembangkan kemampuan dan wawasan ke arah tersebut,” tegasnya.

Pelatihan jurnalistik ini tidak hanya diikuti oleh siswa MTs Negeri 2 Jember saja, tetapi juga pelajar SD dan MI yang sengaja diundang untuk mengenal profesi jurnalis. Ditambah lagi, pelatihan ini juga menjadi bentuk persiapan peluncuran majalah MTs Negeri 2 Jember.

Nurul menjelaskan, rencananya majalah madrasah tersebut akan dirilis pada Maret mendatang dengan jadwal terbit setiap triwulan. “Anak-anak ikut Sambang Sekolah 2018 ini juga dalam rangka memberi pembekalan untuk menjadi kontributor dalam majalah tersebut,” imbuhnya.

Ke depan, pihaknya juga berencana melakukan media visit ke berbagai instansi untuk mengetahui keseharian profesi jurnalis di lapangan. “Kita pasti akan membawa anak-anak untuk studi banding dan studi literatur,” pungkasnya.

Diajari Layout & Desain
Sambang Sekolah 2018, Radar Jember, MTs Negeri 2 Jember,

Para kru Jawa Pos Radar Jember memberikan ilmu baru kepada peserta Sambang Sekolah dan pelatihan jurnalistik mengenai kepenulisan, fotografi, dan tata letak serta perwajahan surat kabar. (Dwi Siswanto/Radar Jember)

Diberitahu Tentang Fotografi
Sambang Sekolah 2018, Radar Jember, MTs Negeri 2 Jember,

Para kru Jawa Pos Radar Jember memberikan ilmu baru kepada peserta Sambang Sekolah dan pelatihan jurnalistik mengenai kepenulisan, fotografi, dan tata letak serta perwajahan surat kabar. (Dwi Siswanto/Radar Jember)

(jr/lin/hdi/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia