Sabtu, 24 Feb 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

Kirim 328 Siswa di 116 Industri

Sabtu, 20 Jan 2018 10:45 | editor : Dzikri Abdi Setia

SMKN 3 Bondowoso, Radar Ijen,

KUMPULKAN ORTU: Para guru saat memberitahu sistem praktik kerja lapangan (PKL) kepada 318 Orang Tua siswa kelas XI SMKN 3 Bondowoso. (Sholikhul Huda/Radar Ijen)

Sebanyak 328 siswa kelas XI SMKN 3 Bondowoso akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Mereka akan menempati 116 dunia usaha dan  industri yang tersebar di 8 kabupaten. Dan terjauh ada di Bali dan Pasuruan.

Kepala SMKN 3 Umar Said menuturkan, PKL ini akan ditempuh selama empat bulan. PKL ini merupakan salah satu kewajiban siswa untuk naik ke kelas XII. Harapannya kesempatan ini benar-benar dijalankan maksimal. “Sebab ini adalah penerapan teori yang selama ini dipelajari, dan ilmu teori inilah yang menjadi titik tempat paling dahsyat bagi siswa,” ujarnya.

Sementara Ketua Pokja Pendidikan Sistem Ganda Juni Damajanti mengatakan, PKL adalah program rutin SMK. Dan ini wajib. Hakikatnya sekolah tidak hanya membekali teori di sekolah, namun juga dunia industri. “Sehingga begitu keluar bisa teori sekaligus praktek,” terangnya. 

Dan ada yang berbeda kali ini. Sebab sebelum diberangkatkan PKL, 318 siswa ini akan didiklat di Yonif Raider 514. Hal itu untuk membentuk attitude, mental serta kedisiplinan. Para siswa akan digembleng selama dua hari. “Ini untuk pembentukan karakter,” tegasnya. 

Sebab pihak sekolah sudah menerapkan gemblengan ini untuk calon siswa kelas X. Kepala SMKN 3 Umar Said menjadi pencetus penggemblengan tersebut. “Hasilnya sangat positif, sebab siswa terbentuk kedisiplinan dan tanggung jawabnya,” pungkasnya.

(jr/hud/wah/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia