Sabtu, 21 Apr 2018
radarjember
icon featured
Radar Jember

Jembatan Gantung Makin Rusak

Sabtu, 13 Jan 2018 05:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Jembatan Gantung, Ungkalan - Brego, Radar Jember,

TERUS RUSAK: Pengendara sepeda motor yang memanfaatkan jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Bregoh, Sumberrejo dengan Dusun Ungkalan Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu. (Jumai/Radar Jember)

Keberadaan jembatan gantung yang menghubungkan dusun Ungkalan, Desa Sabrang dengan Dusun Brego, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu kini mulai rusak. Bagian paling cepat rusak di bagian lantainya yang terpasang dari plat. 

Apalagi, jembatan yang di banguan Dinas PU Bina Marga Jember itu satu-satunya askes jalan yang menuju Dusun Ungkalan, Desa Sabrang. Selain warga yang rumahnya di seberang sungai, banyak petani yang rumahnya di Desa Sumberrejo juga melintas di jembatan gantung tersebut.

Sukatam, 45, warga Dusun Ungkalan yang juga penjaga amal yang ada di pos sisi jembatan menyebutkan bahwa yang sering rusak hanya bagian lantainya saja. Hal ini karena hampir setiap hari jumlah pengendara sepeda motor yang melintas cukup banyak. 

Apalagi, pencari kayu yang menggunakan sepeda motor juga banyak. ”Sehingga ini juga yang mempercepat rusaknya plat,” katanya. Bahkan, saat musim panen semangka dan pepaya setiap harinya hingga ratusan kendaraan yang melintas.

Uang hasil sumbangan pengendara yang melintas ini hanya cukup untuk biaya perawatan saja. Paling banyak digunakan untuk biaya perawatan bagian seling atau penguat jembatan, yakni dengan dilapisi stempet agar tidak berkarat. ”Apalagi, lokasi jembatan gantung dengan pantai cukup dekat,” lanjutnya.

Pengendara sepeda motor yang lewat membayar secara suka rela. Biasanya mereka hanya membayar Rp 2.000 per satu sepeda motor. Uang itu untuk merawat bagian pagar dengan dicat. 

(jr/jum/hdi/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia