Rabu, 17 Jan 2018
radarjember
icon featured
Ekonomi Bisnis

Harga Beras Terus Melambung

Sabtu, 13 Jan 2018 04:30 | editor : Dzikri Abdi Setia

harga beras, petani lumajang, radar semeru,

PRODUKSI TURUN: Petani di Lumajang sedang mengolah tanah untuk kembali ditanami padi. Cuaca ekstrem membuat produksi padi terus menurun. (Qomaruddin Harahap / Rame)

Kenaikan harga beras yang masih terus terjadi dipengaruhi beberapa faktor. Di Lumajang, salah satunya dipengaruhi cuaca ekstrem yang belakangan masih terus terjadi di Lumajang.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang Agus Eko Suprayitno mengatakan, harga beras memang cenderung terus naik. Untuk beras medium bahkan kenaikan sudah mencapai 10 persen dari harga normal.

Dia menambahkan, harga beras yang dipatok oleh para penjual di pasar sudah mencapai angka Rp 10.500 sampai Rp 11.000 per kilo. “Cenderung memang mengalami kenaikan selepas tahun baru kemarin,” katanya.

Maka dari itu pihaknya berkerja sama dengan Bulog melaksanakan operasi pasar beras medium di beberapa lokasi. Hal itu dilakukan untuk menstabilkan harga beras yang sampai saat ini terus mengalami kenaikan.

Agus menyebutkan kenaikan harga beras ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya cuaca ekstrem yang selama ini terjadi di Lumajang. Hal itu berakibat pada hasil produksi gabah petani di Lumajang.

Tidak hanya itu, pengusaha penggilingan padi juga harus mengeluarkan biaya lebih saat musim hujan datang. “Ternyata hasil dari petani berkurang, sedangkan pengusaha penggilingan padi harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal saat musim hujan,” tuturnya.

Tidak heran jika saat ini harga beras cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan, banyak penjual di pasar yang menjual beras di atas harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

Terkait apakah ada penimbunan beras dari pedagang besar sehingga beras medium mengalami kenaikan harga, Agus menegaskan tidak ada. “Kalau penimbunan saya rasa tidak ada di Lumajang, murni karena faktor cuaca,” tutupnya.

(jr/mar/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia