Rabu, 17 Jan 2018
radarjember
icon featured
Pendidikan

1.200 Buku untuk Pelajar Pacitan

Sumbangan SMP Islam Terpadu Al-Ghozali

Selasa, 12 Dec 2017 11:05 | editor : Dzikri Abdi Setia

Sumbangan Pacitan, SMPIT Al Ghozali, Radar Jember,

SOSIAL: Ratusan siswa SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember berhasil menghimpun 1.200 buku mata pelajaran untuk disumbangkan kepada pelajar Pacitan yang terkena banjir. (SMP IT AL-GHOZALI FOR RADAR JEMBER)

Duka akibat banjir bandang di Pacitan akhir November lalu juga dirasakan oleh SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Sekolah dengan program unggulan tahfidz ini pun tanggap dengan menghimpun bantuan dari siswa dan orang tua siswa. “Sejak mendengar kabar tentang bencana banjir dan longsor di Pacitan, kami segera membuka posko penggalangan bantuan di sekolah,"jelas Sudiyanto, SPd, Kepala SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Penggalangan bantuan ini selain untuk membantu korban bencana juga sebagai sarana untuk menumbuhkan empati siswa kepada sesama.

Tidak hanya menggalang bantuan, sekolah yang berlokasi di Jl. Kaliurang 175 Jember ini juga mendistribusikan langsung bantuannya ke Pacitan. Tiga orang relawan, yang terdiri dari guru dan perwakilan alumni, berangkat menuju lokasi bencana. Perwakilan dari sekolah ini juga ikut membantu pemulihan paska gempa bersama dengan relawan lainnya.

Bagus Wahyudi, SPdI yang menjadi perwakilan sekolah ke Pacitan menuturkan, telah mendirikan posko bantuan dari SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember di salah satu sekolah dasar (SD) yang terkena dampak banjir Pacitan. “Kondisi di Pacitan sangat memprihatinkan, masih banyak lumpur sisa banjir dan longsor yang belum dibersihkan. Jadi selain mendistribusikan bantuan dari sekolah, kami juga ikut membantu membersihkan lumpur di beberapa sekolah yang terdampak,” tutur guru mata pelajaran PAI ini. Selama sepekan para relawan tersebut berada di lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuannya.

Sebanyak 1.200 buku pelajaran juga didistribusikan kepada para pelajar di Kota Seribu Goa tersebut. Donasi buku dari SMP Islam Terpadu Al-Ghozali ini juga bukannya tanpa alasan. Buku-buku pelajaran yang ikut hanyut atau rusak karena banjir, tentu akan menjadi salah satu hambatan siswa untuk belajar. Terlebih dalam waktu dekat Ujian Nasional akan digelar. Adanya donasi buku ini diharapkan memotivasi para pelajar di Pacitan untuk tetap semangat belajar di tengah pemulihan paska bencana banjir.

Buku-buku donasi tersebut disalurkan kepada siswa melalui sekolah-sekolah di Pacitan. “Adanya buku ini sangat membantu kami, karena banyak buku yang hilang karena banjir.Terimakasih SMP IT Al-Ghozali,” ungkap salah satu siswa korban banjir Pacitan setelah menerima donasi. Selain bantuan buku, juga ada bantuan dalam bentuk pakaian layak pakai dan donasi tunai hasil penggalangan dari para siswa-siswi dan wali murid. Harapannya bantuan ini bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban para korban banjir di Pacitan tersebut.

(jr/aro/gus/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia