Sabtu, 25 Nov 2017
radarjember
icon featured
Radar Semeru

Perlu Penerangan dan CCTV

Rabu, 15 Nov 2017 13:35 | editor : Dzikri Abdi Setia

Polres Lumajang, Radar Semeru,

JADI LOKASI RAWAN: Ruas jalan utama Lumajang – Jember ini merupakan salah satu titik rawan kejahatan. Selain sepi dari rumah penduduk, tidak ada lampu penerangan jalan (Qomaruddin Harahap / Rame)

Belakangan ini angka kejahatan di jalan mulai menurun. Sudah jarang terdengar kabar aksi kejahatan seperti begal dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti dengan kondisi itu masyarakat terhindar dari tindak kejahatan. Mengingat masih banyak jalan rawan yang tidak memiliki lampu penerangan jalan.

Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Roy A Prawirosastro mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan banyak penangkapan terhadap pelaku kejahatan. Baik itu pencurian hewan, pelaku begal dan kejahatan lainnya.

Namun tidak dipungkirinya, di Lumajang masih banyak lokasi yang terbilang rawan terjadinya tindak kejahatan. “Di Lumajang banyak jalan yang tidak memiliki penerangan jalan, sehingga peluang untuk melakukan kejahatan itu ada,” katanya.

Maka dari itu perlu kiranya pemerintah daerah bekerja sama untuk menekan angka kejahatan tersebut. Setidaknya di setiap jalan kabupaten dipasang lampu penerangan jalan agar masyarakat lebih aman beraktivitas.

Selain itu dirasa perlu kamera pengintai (CCTV) di beberapa lokasi rawan kejahatan. Sehingga pengamatan tersebut tidak hanya di kawasan kota saja, melainkan juga di berbagai lokasi. “CCTV saya rasa penting untuk menekan angka kejahatan tersebut,” tuturnya.

Sehingga pihaknya sangat mengharap, jika Lumajang ingin benar-benar aman tidak hanya polisi yang bergerak. Pemerintah daerah juga ikut andil. “Terutama masyarakat yang juga harus memiliki keinginan untuk menjadi Polisi bagi dirinya sendiri,” tutupnya.

(jr/mar/ras/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia