Rabu, 18 Oct 2017
radarjember
icon-featured
Pendidikan

Universitas Negeri Jember Kampus Lumajang Diresmikan

Kamis, 12 Oct 2017 05:30 | editor : Dzikri Abdi Setia

Universitas Negeri Jember, Unej, Kampus Lumajang, Radar Semeru, Radar Jember

GUNTING PITA: Sebelum memasuki gedung UNEJ Kampus Lumajang, Rektor UNEJ, Bupati Lumajang dan perwakilan dikti menggunting pita sebagai bentuk dibukanya kampus negeri di Lumajang (Qomaruddin Harahap/Rame)

LUMAJANG - Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lumajang (Akper Pemkab Lumajang) sejak kemarin siang resmi menjadi milik Universitas Jember (Unej). Peresmian itu diawali dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Akper Lumajang pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Pendapa Kabupaten Lumajang.

Selain penandatangan BAST, saat itu juga Bupati, Drs H As’at MAg, menyerahkan dokumen P3D pada Kemenristekdikti sekaligus penyerahan pengolahan dari Kemenristetdikti pada rektor Unej Drs Moh. Hasan MSc, PhD.

Dalam sambutannya bupati mengapresiasi merger antara Akper Pemkab Lumajang dengan Unej. Dia memastikan, Lumajang akan mejadi kota ramai dengan adanya Unej. Dan tentunya hal itu akan menjadi peluang besar untuk kemajuan Lumajang.

Maka dari itu bupati akan terus mengawal perkembangan Unej di Lumajang, agar terus meningkatkan kualitas baik mahasiswanya maupun lulusannya. “Tentu hal ini membuka banyak peluang, karena semakin maju perguruan tinggi akan semakin berkembang daerah tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, hari ini sudah dimulai bagaimana Lumajang membuka peluang untuk kemajuan daerah. Dengan begitu, diharapkan Lumajang harus menjadi lebih baik. Dengan adanya kampus besar di Lumajang masyarakatnya harus lebih terbuka dalam dunia pendidikan.

Yang jelas dengan diresmikannya kampus Unej di Lumajang ini akan membuka dan menghidupkan segala sektor. “Maka dari itu Lumajang harus bersiap diri menyongsong mengembangkan segala hal. Yang jelas, 10 atau 20 tahun yang akan datang, Lumajang sudah diwarnai dengan pemuda dengan SDM luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu Rektor Universitas Jember Drs Moh. Hasan MSc PhD mengucapkan terimaksih. Pemerintah Lumajang dan Unej sudah sama-sama memiliki semangat menyongsong penguatan SDM.

Dedikasi yang tinggi dengan proses peralihan Akper Pemkab Lumajang dengan Unej tidak akan ada gangguan sama sekali. Bahkan pihaknya meyakini, proses tersebut akan menjadi baik karena dukungan dari tim yang sangat baik.

Dia menturkan, tidak perlu berpikir panjang untuk menyetujui merger Akper Pemkab Lumajang. Proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sudah cukup untuk menjadi tolak ukur. “Ini adalah momen yang bersejarah bagi Pemerintah Lumajang, ini juga momen yang bersejarah bagi kami,” katanya.

Maka dari itu dari sejarah yang diciptakan itu, keberadaan institusi akan sangat memiliki dampak positif bagi daerah tersebut. “Dampaknya multi efek. Banyak yang akan mendapatkan manfaat. Termasuk Kabupaten Lumajang,” tutupnya. 

(jr/mar/ras/das/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia