Senin, 23 Oct 2017
radarjember
icon featured
Radar Jember

Seluruh Hakim Dites Urine

Rabu, 20 Sep 2017 20:00 | editor : Dzikri Abdi Setia

TANPA PANDANG BULU: Seluruh hakim, panitera sampai para staf di Pengadilan Negeri Jember harus mengikuti tes urine, yang digelar oleh Sat Narkoba Polres Jember, kemarin.

TANPA PANDANG BULU: Seluruh hakim, panitera sampai para staf di Pengadilan Negeri Jember harus mengikuti tes urine, yang digelar oleh Sat Narkoba Polres Jember, kemarin. (Jumai/Radar Jember)

JEMBER - Seluruh pegawai Pengadilan Negeri (PN) Jember, mendadak dites urine tim Satuan Narkoba Polres Jember, Senin (18/9) kemarin.

Termasuk, 14 hakim yang biasa memutus persoalan hukum yang terjadi di Jember. Mereka dites urine untuk memastikan bebas narkoba.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo memastikan, ada 68 pegawai PN Jember yang dites urinenya. Tak terkecuali, Ketua PN Jember Bambang Pramudwiyanto. “Semua di tes urine atas permintaan pihak PN Jember,” akunya.

Meski permintaan dari pihak PN Jember sesuai instruksi Mahkamah Agung (MA), namun Kusworo memastikan bahwa tes urine tersebut bukan sekadar formalitas.

Sebab, pihaknya pun melakukan pengawasan ketat saat tes urine berlangsung. “Sampai ke kamar mandi pun, kami tetap kawal. Supaya tidak ada manipulasi,” terangnya.

Hasil tes urine, tidak ditemukan pegawai PN Jember termasuk para hakimnya yang dinyatakan positif menggunakan narkoba. “Hasilnya semua negatif,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PN Jember Bambang Pramudwiyanto mengakui, tes urine tersebut perintah MA kepada semua satuan kerja (satker).

Sengaja menggelar tes urine, sebagai jaminan bahwa di Jember pun tidak ada pegawai apalagi hakim yang terjebak narkoba.

Meski semua dinyatakan negatif, bukan berarti kemudian tidak ada tes urine lagi. Semisal dibutuhkan mendadak, pihaknya pun akan melakukan tes urine secara mendadak pula.

“Semisal ada yang terbukti main-main apalagi sampai mengkonsumsi narkoba, sanksinya sudah jelas sangat tegas,” katanya. 

(jr/rul/hdi/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia