Jumat, 20 Oct 2017
radarjember
icon featured
Kesehatan

Sehari Donor Darah di Lima Tempat

Rabu, 20 Sep 2017 11:00 | editor : Dzikri Abdi Setia

MOBIL UNIT: UTD PMI Kabupaten Jember siap mengerahkan petugas mobil unit dalam kegiatan donor darah di sela-sela acara yang digelar elemen masyarakat.

MOBIL UNIT: UTD PMI Kabupaten Jember siap mengerahkan petugas mobil unit dalam kegiatan donor darah di sela-sela acara yang digelar elemen masyarakat. (UTD PMI FOR RADAR JEMBER)

JEMBER – UTD PMI Kabupaten Jember  makin giat mengerahkan tim Mobil Unit (MU) untuk menggelar kegiatan donor darah sukarela Minggu (17/9) kemarin.

Dalam sehari, tim MU UTD PMI menggelar kegiatan donor darah di lima tempat berbeda. Karena itu, UTD PMI sangat ketat mengatur jadwal tim MU-nya. 

Yaitu di acara Hari Perhubungan Nasional di Alun-Alun Jember, Perum Pinus Raya Sukowono, Yayasan Rumah Pelangi Kencong, GPDI Eklesia Jember, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

“Dalam acara Hari Perhubungan Nasional yang dipusatkan di Alun-Alun dapat 41 kantong darah,” kata Direktur UTD PMI Jember dr Dudung Ari Rusli kepada Jawa Pos Radar Jember. 

Dia menjelaskan, kini pada hari-hari tertentu tim MU UTD PMI Jember kewalahan akan permintaan menggelar donor darah.

“Yang susah mengatur jadwal itu saat ada permintaan dalam waktu yang bersamaan. Padahal, jumlah petugas mobil unit UTD PMI terbatas,” imbuhnya. 

Untuk menyiasati itu, sambungnya, biasanya UTD PMI menggelar acara donor darah tidak bersamaan. “Seperti minggu lalu kegiatannya tidak digelar bersamaan. Tetapi dibagi waktunya, tetapi pada hari yang sama,” terangnya. Solusi tersebut, sambungnya, banyak diterima oleh kelompok masyarakat yang meminta tim UTD PMI untuk datang. 

Dia menjelaskan, saat ini permintaan kegiatan donor darah masal dari elemen masyarakat terus melonjak. Selain melayani kegiatan donor darah yang rutin, tim MU UTD PMI Jember juga terus bergerak. Padahal, ada beberapa tempat yang sudah rutin menggelar donor darah tiap harinya. Seperti tim MU UTD PMI yang mangkal di depan Masjid Al Baitul Amin di Alun-Alun Jember. 

Dia menambahkan, makin tingginya permintaan kegiatan donor darah masal menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat untuk donor darah terus naik tajam. Apalagi, sambungnya, kini stok darah di ruang penyimpanan UTD PMI Jember juga hampir tidak pernah kekurangan. 

“Tim Mobil Unit UTD PMI yang turun ke bawah tidak hanya mengadakan kegiatan donor darah tetapi juga melakukan edukasi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya. Dengan cara itu, sambungnya, maka makin banyak elemen masyarakat yang menghubungi UTD PMI untuk mengadakan kegiatan donor darah masal.

(jr/aro/das/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia