Jumat, 24 Nov 2017
radarjember
icon featured
Pendidikan

Kunjungi Perguruan Tinggi Terkemuka di Eropa

Kamis, 14 Sep 2017 20:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

GO INTERNATIONAL: Rektor Unmuh Jember Dr Ir M Hazmi DESS saat tanda tangan MoU dengan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Eropa.

GO INTERNATIONAL: Rektor Unmuh Jember Dr Ir M Hazmi DESS saat tanda tangan MoU dengan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Eropa. (UNMUH JEMBER FOR RADAR JEMBER)

JEMBER - Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember terus membangun jaringan internasional.

Itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kampus untuk menuju Research University. Itu menjadi sebuah cita-cita dan harapan bagi Unmuh Jember untuk go international.

Salah satu caranya dengan memberikan banyak peluang bagi para dosen untuk melakukan penelitian-penelitian.

Serta pengabdian kepada masyarakat. Sebab, untuk menjadi research university, Unmuh Jember terus mendorong semua pihak yang ada di dalam kampus untuk meningkatkan penelitian dan pengabdiannya.

Karena itu mulai Senin 11 sampai 20 September 2017 Rektor Unmuh Jember Dr Ir M Hazmi DESS melakukan kunjungan kerja internasional ke beberapa perguruan tinggi di Negara Eropa.

Antara lain negara Inggris, Prancis, Belanda, dan Belgia. Rektor Unmuh Jember menjajaki kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi termuka di masing-masing negara. 

Rektor Unmuh Jember sudah memiliki agenda padat untuk berkunjung ke beberapa perguruan tinggi terkemuka tersebut. Diantaranya adalah Coventry University - London dan De Monfort University di Leicester - London, University of Westminster, University of Harper Adams di Birmingham, Paris-Sorbonne University (Maison Internationale de Paris 1). 

Kunjungan kerja ini diikuti oleh 29 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang dikoordinasikan oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Majelis Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Kunjungan kerja ini disebut Cultural & Educational Visit.

Menurut Rektor Dr Ir M Hazmi DESS ada tiga kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan ini.

Pertama membangun kerja sama antara Unmuh Jember dan perguruan tinggi yang setara dan terkemuka di Inggris. Dengan menandatangani sebuah kesepakatan kerja sama (MoU) dulu.

Kedua, menjajaki kemungkinan melakukan kerja sama antara Unmuh Jember dan University of Westminster.

Ketiga mengamati sekilas budaya pendidikan tinggi dari setiap perguruan tinggi yang dikunjungi termasuk Oxford University dan Paris-Sorbonne University (Maison Internationale de Paris 1). Kedua perguruan tinggi terakhir merupakan perguruan tinggi papan atas di dunia.

 “Dari ketiga kegiatan kunjungan ini, Rektor memperoleh tambahan referensi untuk meningkatkan layanan akademik dan nonakademik bagi semua stakeholder Unmuh Jember, terutama layanan terhadap para mahasiswa, dosen, dan karyawan Unmuh Jember,” kata Rektor Dr Ir M Hazmi DESS. 

“Sedangkan kunjungan ke Belgia dan Belanda dilakukan untuk menambah referensi untuk meningkatkan peran Unmuh Jember dalam membangun masyarakat dan wilayah sekitarnya,” ujar Rektor Dr Ir M Hazmi DESS saat diwawancarai melalui whatsapp. 

Dari informasi yang didapat rektor telah melakukan penandatanganan MOU antara Unmuh Jember dan Conventry University untuk bidang life sciences serta penanda tanganan MoU antara Unmuh Jember dan De Montfort University di Leicester City UK.

Informasi tersebut didapat melalui pesan singkat yang dikirim oleh rektor Unmuh Jember. Menurut agenda rektor akan kembali ke Indonesia pada 20 September 2017. 

(jr/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia