Kamis, 23 Nov 2017
radarjember
icon featured
Radar Jember

Sepuluh Menit dapat Rp 13 Juta

Rabu, 13 Sep 2017 19:10 | editor : Dzikri Abdi Setia

KELILING: Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo keliling membawa kardus untuk menerima sumbangan dari anggota Polres setelah apel pagi di halaman Mapolres Selasa (12/9).

KELILING: Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo keliling membawa kardus untuk menerima sumbangan dari anggota Polres setelah apel pagi di halaman Mapolres Selasa (12/9). (Jumai/Radar Jember)

JEMBER – Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan ratusan anggota Polres Jember berempati dengan penderitaan muslim Rohingya di Myanmar. Kapolres melakukan penggelangan dana untuk muslim Rohingya saat apel bersama di halaman mapolres Jember Selasa (12/9) kemarin. 

Belum sampai 10 menit, kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo itu berhasil mengumpulkan dana lebih Rp 13 Juta. Saat itu, Kusworo menyampaikan keinginannya agar pimpinan dan anggota Polres Jember menyisihkan sebagian rezeki yang ada untuk disalurkan ke warga Rohingya.

Kusworo lalu berkeliling sambil membawa kotak sumbangan ke sejumlah anggota dan peserta apel. Apa yang dilakukan Kusworo ini langsung mendapat sambutan antusias dari anggota Polres Jember.

"Tadi di sela-sela apel saya sampaikan ke anggota agar menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu warga Rohingya yang sekarang ini sedang terkena musibah. Alhamdulillah, belum 10 menit,  sudah terkumpul dana lebih dari Rp 13 Juta. Itu anggota yang di Polres saja," kata Kusworo kepada sejumlah wartawan usal apel.

Kegiatan itu, sambung Kusworo, merupakan bentuk dari empati anggota Polres Jember terhadap penderitaan yang kini dialami etnis Rohingya. "Ibaratnya, seribu rupiah pun itu bisa menjadi segelas air minum tenggorokan yang kering," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa melatih anggota untuk terus berbuat membantu yang lain dengan ikhlas. "Intinya kita berempati. Berbuat yang bermanfaat dan ikhlas. Karena ini bagian dari mensyukuri nikmat. Yakni menyisihkan sebagian dari rezeki kita agar bermanfaat bagi orang lain," ujar Kusworo.

Dia juga mengaku bangga terhadap anggota Polres Jember yang memiliki kepekaan tinggi atas penderitaan yang dialami warga etnis Rohingya. "Hasil penggalangan dana ini menunjukkan anggota memiliki rasa empati yang tinggi atas musibah yang kini sedang menimpa saudara kita warga etnis Rohingnya," ujaranya.

Hasil penggalangan dana tersebut, tambah Kusworo, disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jember. "Langsung kita serahkan kepada Ketua Baznas Jember Bapak Kiai Haji Misbahul Salam,” ujarnya.

Dia juga mengimbau warga Jember yang berempati terhadap penderitaan warga Rohingnya agar disalurkan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan bisa dirasakan langsung. "Jangan sampai empati itu tersalurkan ke aktivitas yang kurang tepat. Salah satu contoh aksi ke Borobudur. Kalau urusan politik ya kita serahkan pada yang berkompeten. Kita lebih ingin aksi-aksi yang dilakukan bisa langsung dirasakan oleh warga Rohingnya," pungkas Kusworo. 

(jr/jum/aro/das/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia